5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari Ini

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 10 Feb 2020 06:37 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 23:  Workers make preparations for the 88th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 23, 2016 in Hollywood, California.  (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images) Academy Awards ke-92 atau Oscars 2020 digelar hari ini. (Foto: Kevork Djansezian/Getty Images)
Los Angeles -

Oscar 2020 atau Academy Awards ke-92 digelar hari ini, Senin (10/2/2020). Oscar merupakan penghargaan bergengsi untuk insan perfilman. Film dan para aktor serta aktris yang masuk sebagai nominator Oscar, kariernya akan diperhitungkan.

Sudah tak sabar menanti siapa pemenang Oscar 2020? Sebelum menyaksikan live streaming Oscar di detikcom secara eksklusif mulai pukul 06.30 ini, simak dulu lima fakta menarik mengenai perhelatan Oscar atau Academy Awards:

Asal-usul Nama Oscar

5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari IniFoto: Kevork Djansezian/Getty Images


Seperti dikutip dari CNN Internasional, nama Oscar diambil bukan dari nama seseorang yang terkenal. Oscar merupakan nama dari piala seberat 3,8 kg yang asal-usulnya dibuat oleh panitia Academy Awards dari nama seorang kerabat yang bekerja di Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Nama piala Oscar sendiri sebenarnya 'the Academy Award of Merit.' Namun karena kata tersebut terlalu panjang, mereka pun memutuskan menggantinya menjadi Oscar.



Piala Oscar Tak Selalu Emas

5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari IniFoto: Christopher Polk/Getty Images


Oscar 2020 ini akan menganugerahkan piala emas kepada para pemenangnya. Tahukah kamu bahwa Oscar tak selalu berwarna emas. Pada masa Perang Dunia II, beberapa piala dibuat dengan plester yang dicat, bukan dari perunggu solid dan emas 24 karat, karena kekurangan bahan logam.

Mau Datang ke Oscar? Kamu Harus Orang Terkenal

5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari IniFoto: Getty Image

Pastinya tak sembarang orang bisa hadir ke Oscar 2020. Setiap tahunnya pihak panitia Academy Awards sudah memiliki sistem tersendiri untuk menyaring siapa saja yang bisa mengisi kursi-kursi tamu di ajang Oscar. Mereka yang bisa menjadi tamu, selain para aktor dan aktris, adalah teman atau orang dalam industri film atau kerabat dari mereka yang bekerja di Pricewaterhouse Coopers. Pricewaterhouse Coopers merupakan perusahaan yang menangani perhitungan voting pemenang Oscar.



Aturan Oscar yang Ketat

5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari IniFoto: REUTERS/Mario Anzuoni

Menurut Monica Enriquez, wanita yang sudah 15 tahun menjadi pengisi kursi atau tamu pilihan di acara Oscar, ada banyak aturan di ajang kompetisi film bergengsi ini. Misalnya saja aturan soal busana. Pastinya tamu yang hadir harus menaati aturan berbusana sesuai dress code yang biasanya adalah formal atau glamour.

Selain itu, para tamu seperti dirinya yang bukan selebriti, diminta untuk tidak berbicara dengan artis yang hadir di Oscar. Mereka hanya boleh berbicara ketika memang sang artis yang memulai pembicaraan lebih dulu.

Pemenang Oscar Dilarang Pidato Lama-lama

5 Fakta Menarik Oscar 2020 yang Digelar Hari IniFoto: Kevin Winter/Getty Images


Menang piala bergengsi, tak sedikit aktor dan aktris yang ingin berbicara panjang lebar di panggung karena merasa ada banyak orang yang berjasa di balik kemenangan mereka. Nyatanya Oscar memiliki aturan untuk pidato ini. Para pemenang pada dasarnya tidak boleh pidato lebih dari semenit. Jika pidato mereka sudah lebih dari semenit, musik Orchestra akan bermain untuk menandakan pidato harus diakhiri. Malah pada 2020, Academy Awards pernah menerapkan aturan melarang pemenang berbicara lebih dari 45 detik.


Oscar merupakan penganugerahan tertinggi bagi insan perfilman. Tahun ini, detikcom bakal live streaming Oscar 2020 secara eksklusif. Klik di sini.



Simak Video "Gaya Billie Eilish yang Serba Chanel di Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(/)