Populer di TikTok Tapi Harus Tahan Di-bully Netizen

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 20 Jan 2020 09:09 WIB
Aplikasi TikTok. Foto: iStock
Jakarta - TikTok kini tengah digandrungi, tapi dulu kerap dianggap warganet sebagai aplikasi yang tidak bermanfaat. Mereka yang terkenal di TikTok pun alhasil kerap menerima hujatan dari orang lain.

Salah satu influencer TikTok yang kerap menerima bullying dari orang sekitarnya adalah Arya Febrian Dwi Rossap atau akrab disapa Arya. Arya saat ini mempunyai pengikut di TikTok lebih dari 499,8 ribu.



Kepopulerannya di TikTok, sukses membuatnya mendapatkan cuan melalui platform media sosial yang lagi hits tersebut. Namun karena kepopulerannya tersebut ia kerap dianggap sebagai pria yang menyimpang saat masih duduk dibangku SMA.

"Dulu saya masih kelas 2 SMA sering banget bilang cowok kok main TikTok kayak bencong. Saya sering diejek oleh satu geng di sekolah dan juga banyak yang sirik. Temen-temen lainnya juga malah menjatuhkan saya," jelas Arya saat dihubungi oleh Wolipop, Rabu (14/1/2020).

Kisah yang sama pun dialami oleh artis TikTok Pani Rahmawati atau akrab disapa Rahma. Followers Rahma di TikTok kini sudah lebih dari 343 ribu.

Rahma memanfaatkan TikTok untuk melakukan aktivitas favoritnya yang melibatkan makeup. Dia pun kini populer di TikTok berkat video tutorial makeup. Namun video tutorial makeup yang ia buat pun tidak luput dari sasaran bully netizen.

"Bully ada dari follower dan haters gitu yang paling banyak dari akun TikTok. Kadang nggak semua orang kan suka makeup yang saya buat. Jadi saya bikin tutorial, kadang ada yang bilang ih jelek banget sih! Kok dempul banget sih?," ungkapnya penuh emosi.

Tidak hanya itu saja, Rahma juga kerap menerima bullying berupa body shaming. "Dulu pernah saya kan hobi dubbing lagu, di situ ada keliatan tangan saya belang sama muka, lalu ada netizen bilang,"Ih belang banget, mukanya putih tangannya item". Lalu saya juga pernah kena body shaming, karena jari-jari saya yang kecil karena sudah keturunan ya dinyinyirin gitu,"Itu kok jari jempol semua?" kata Rahma kepada Wolipop.

Semenjak menikah, wanita 22 tahun ini menjadi ibu rumah tangga. Dan dia mengisi waktu luangnya dengan membuat tutorial makeup di rumah. Dengan aktivitasnya itu Rahma lagi-lagi menjadi sasaran bully warganet di media sosial sampai membuatnya merasa terpukul.

"Gara-gara saya bikin tutorial makeup itu pada yang komentar pakai fake akun,"Kerjaannya dandan gitu doang setiap hari. Nyusahin suami tau gak sih? biasanya yang kayak gini rumah tangganya seperti ini gak bakalan awet! Lihat aja nanti juga cerai. Itu yang membuat aku sakit hati dan sampai nangis. Kayak soktau banget sama kehidupan saya yaampun," kenang Rahma.

Cerita bully lainnya pun dirasakan oleh ibu rumah tangga yang membuat konten prank di TikTok. Siti Hodijah demikian namanya, dikenal sebagai influencer TikTok. Followersnya di TikTok sudah lebih dari 788 ribu. Dia juga sudah mendapatkan like lebih dari 14 juta dari berbagai video komedi yang diunggahnya.

Dikenal sebagai ibu rumah tangga yang eksis di TikTok, Siti mengaku kerap mendapat hujatan atan nyinyiran dari netizen. Apalagi dalam video TikTok yang dibuatnya, dia kerap membua prank, di mana korbannya adalah sang suami.

"Ada yang bilang nggak sopan sama suami. Ini adalah contoh istri yang berjilbab tapi tidak tahu etika dan menghormati suami. Tapi saya diemin saja. Tetapi Alhamdulillah di Instagram lebih banyak yang mendukung dan mendoakan saya daripada yang menghujat. Makanya dari situ ah ngapain juga mikirin orang yang udah menjelek-jelekin saya," ungkap ibu dari dua anak itu.
Wanita 32 tahun itu mengungkapkan komentar paling menyakitkan yang diingat olehnya adalah saat dia memberikan sedekah untuk orang yang membutuhkan.

"Jadi gini, saya kan pernah buat video pakai mobil. Dan saya buat konten yang isinya agar mengajarkan berbagi dengan sesama. Saya memberikan uang kepada orang yang tidak mampu. Lalu malah saya dibilang,"Ah mobil boleh kredit aja gayanya ketinggian lu gitu? Cuman saya lewatin aja, tetapi kadang saya suka kepikiran kok orang bisa ngomong seperti itu," ucapnya.

Meskipun kerap di-bully, ketiga influencer TikTok itu membuktikan nyinyiran orang sekitar dan netizen itu tidak menghalangi mereka untuk terus berkarya. Berkat TikTok mereka pun kini memiliki penghasilan bahkan ada yang dibayar dengan dollar.

Simak Video "Viral #VogueChallenge di Medsos, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/kik)