Terpopuler Akhir Pekan: Gelar Kerajaan Pangeran Harry Dicopot

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 20 Jan 2020 06:34 WIB
Pangeran Harry, Meghan Markle dan Ratu Elizabeth II. Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images
Jakarta - Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle keluar sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris berujung pada pencopotan gelar untuk keduanya. Pencopotan gelar kerajaan itu diumumkan Istana Buckingham lewat pernyataan resmi yang dirilis, Sabtu (18/1/2020).

Istana mengatakan Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari status anggota senior keluarga Kerajaan. Namun konsekuensinya, mereka harus merelakan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness.

"The Sussexes tidak akan memakai gelar HRH sebagaimana mereka tidak lagi mengabdi sebagai anggota keluarga Kerajaan," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Daily Mail.

Mereka juga harus mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan.


Terpopuler Akhir Pekan: Gelar Kerajaan Pangeran Harry DicopotPangeran Harry, Meghan Markle dan Archie. Foto: Toby Melville - Pool/Getty Images


Meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pencopotan gelar kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle ini akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Pernyataan resmi dari Ratu yang terbit pada Sabtu (18/01/2020), menulis bahwa keputusan tersebut diambil setelah mereka membicarakannya berbulan-bulan lalu, dan berdasarkan diskusi yang dilakukan para anggota senior Kerajaan pada Senin (13/01/2020).

"Saya bersyukur akhirnya kami telah menemukan solusi yang kontstruktif dan suportif untuk cucuku dan keluarganya," tulis Ratu dalam pernyataannya.

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga yang sangat kami cintai," lanjutnya.

Ratu Elizabeth II juga menyadari berbagai tantangan yang telah Pangeran Harry dan Meghan Markle lalui sebagai anggota kerajaan yang selalu diamati gerak-geriknya. Untuk itu Ratu mengambil keputusan terbaik bagi mereka.



"Saya menyadari tantangan yang telah mereka lalui karena pengawasan intens dalam dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk menjalani hidup yang lebih mandiri."

"Saya berterima kasih atas dedikasi mereka pada negara, Persemakmuran dan lainnya, dan saya bangga Meghan juga dengan begitu cepat bisa menjadi salah satu bagian dari keluarga."

Pernyataan Ratu akhirnya ditutup dengan, "Ini harapan seluruh keluarga saya bahwa kesepakatan hari ini menyetujui mereka untuk memulai hidup baru yang lebih bahagia dan tenang."

Simak Video "Dilarang Keras Gunakan Drone di Pernikahan Pangeran Harry-Meghan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)