Kecanduan TikTok

Kisah Arya Febrian, Artis TikTok yang Sukses Raih Cuan dan Digaji Dolar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 18 Jan 2020 12:38 WIB
Arya sedang asik bermain TikTok. Foto: dok. TikTok Arya Febrian
Jakarta - Generasi milenial dan gen Z pasti sudah tidak asing dengan aplikasi TikTok yang menghadirkan fitur yang menarik. Saat mau membuat konten menarik tinggal klik dan langsung bergaya diiringi lagu yang khas TikTok. Bahkan jika rutin mengunggah video TikTok, kamu malah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Hal ini dialami Arya Febrian Dwi Rossap atau akrab disapa Arya. Cowok yang dikenal sebagai artis TikTok itu sukses meraup cuan melalui platform media sosial video tersebut. Arya dikontrak oleh TikTok untuk menjadi influencer dan konsisten mengunggah video ke aplikasi tersebut.

Arya pun menceritakan bagaimana dia bisa mendapatkan kontrak kerja dengan TikTok. Sebelum TikTok ia terlebih dahulu menjajal aplikasi Musical.ly pada 2016.

"Main TikTok dari 2017, saya dulu dikontrak sama aplikasi Musical.ly. Nah, jadi Musical.ly sudah diganti jadi TikTok, karena aplikasi Musical.ly sudah dibeli oleh TikTok. Lalu saya pun didapuk untuk jadi influencer TikTok," ucapnya.



Arya mengaku, dia membuat konten di sela-sela aktivitasnya yang saat itu masih duduk di bangku SMA. Pria yang kini berusia 19 tahun itu mengaku memang menyukai seni tari sejak masih SMP. Dia pun tergabung di suatu sanggar di Batam. Oleh karena itulah dia merasa bisa mengekspresikan dirinya melalui aplikasi TikTok.

"Dari dulu memang suka dance. Sebelumnya saya ikut sanggar seni dari SMP sampai lulus SMA. Kegiatannya ada job tampil, pentas seni, job luar kota dan luar negri juga ada. Tapi saya lebih tradisional dance dan juga ikut modern dance," jelasnya.

Artis TikTokArya Febrian, artis TikTok Foto: dok. tiktok


Arya saat ini mempunyai pengikut di TikTok lebih dari 499,8 ribu. Menurut cowok asal Batam itu ada beberapa fitur di TikTok yang membuat milenial dan gen Z seperti dirinya jadi kecanduan. Selain dance, pengguna TikTok juga bisa membuat vlog mengenai apapun mulai dari olahraga, fashion, makeup hingga mini drama.

"Buat aku TikTok itu penghibur kalau lagi bete, kalau lagi bete langsung hilang betenya. Belajar juga di depan kamera jadi nggak malu-malu," ujar Arya saat dihubungi oleh Wolipop, Rabu (14/1/2020).

Hampir setiap hari membuat konten di TikTok, Arya mengaku inspirasi membuat video didapatkan dari kreasinya sendiri. Ada juga video yang terinspirasi dari konten pengguna TikTok di mancanegara.

Ada lebih dari 700 ribu yang sudah diunggah Arya ke TikTok. Dan dia mendapatkan bayaran dari TikTok untuk membuat berbagai konten video. Setiap bulannya, dia menerima gaji sekitar US$ 350 untuk membuat konten di TikTok.

"Kalau di TikTok sistemnya kontrak. Tidak seperti Youtube. Jadi saya harus posting dalam satu bulan sebanyak 20 video diaplikasi TikTok dan empat video di Instagram," jelasnya.



Berkat TikTok juga Arya bisa hijrah dari Batam ke Jakarta. Sejak pertengahan 2019, dia menetap di sebuah apartemen di Jakarta bersama beberapa teman-temannya yang dikenal lewat TikTok. Mereka pindah ke Jakarta karena kini banyak menerima tawaran pekerjaan di ibukota seiiring kepopuleran di TikTok.

"Ada beberapa kegiatan yang mengharuskan saya menetap di Jakarta. Jika saya tinggal di Jakarta itu gampang untuk mengeksekusi pekerjaan dari Instagram. Belum lagi ada event dari suatu brand biasanya sering ngajakin saya kolaborasi. Kalau di Batam terbatas jobnya yang aku terima," tutur Arya.

Anak kedua dari tiga bersaudara itu mengaku TikTok sudah banyak mendatangkan hal positif untuk dirinya. Selain meraup cuan, dia juga bisa bertemu dengan banyak orang terkenal berkat aplikasi yang lebih populer dari Facebook dan Instagram itu.

"Kini saya sudah banyak mendapatkan tawaran dari brand-brand besar, terus bisa ketemu sama idola dari luar negri. Saya bertemu dengan penyanyi dan presenter televisi Inggris, Harvey Leigh Cantwell atau dikenal dengan Hrvy. Selain itu, saya sering diinvite juga ke Jakarta karena ada acara," pungkasnya

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Suara Merdu Cilla Membawanya Raih Mimpi Lewat TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)