Pangeran Harry dan Meghan Markle Dilarang Tinggal di Kanada

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 16 Jan 2020 11:17 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Reuters Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Reuters

Jakarta - Koran terbesar di Kanada menyebut Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak boleh tinggal di negara tersebut. Meghan dan Pangeran Harry boleh berkunjung, tapi dilarang menetap di Kanada.

New York Post melaporkan, koran The Globe and Mail yang merupakan koran terbesar di Kanada menurunkan tulisan editorial berkaitan dengan rencana Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal di Kanada. "Harry and Meghan, and why members of the Royal Family can't live in Canada," demikian judul editorial koran yang sudah ada sejak 1844 itu.

Dalam tulisannya tersebut The Globe and Mail menyebutkan bahwa rencana Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk tinggal di Kanada seharusnya ditolak oleh pemerintahan yang dipimpin Justin Trudeau.



"Merespons pengumuman mendadak dan rencana Duke dan Duchess of Sussex - Pangeran Harry dan Meghan- untuk pindah ke Kanada sementara mereka adalah bagian dari keluarga kerajaan, respon pemerintahaan Trudeau seharusnya sederhana dan singkat: No (tidak)," demikian yang ditulis di koran.

"Kalian boleh datang berkunjung, tapi selama kalian adalah anggota senior kerajaan, Kanada tidak bisa mengizinkan kalian menetap," tambah media The Globe and Mail.

Pangeran Harry dan Meghan Markle Dilarang Tinggal di KanadaFoto: instagram/hellomagazine


The Globe and Mail menekankan jika Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah warga biasa, mereka akan sangat diterima untuk tinggal di Kanada. "Tapi monarki unik negara ini, memiliki sistem konstutisional yang penting, artinya, tempat tinggal anggota kerajaan - pangeran (Harry-red) berada di garis keenam pewaris kerajaan- bukanlah sesuatu yang dapat diizinkan di Kanada. Ini melanggar konstitusional yang tidak dibicarakan," tulis koran tersebut.



Melalui tulisannya, The Globe and Mail seolah juga mengkritik keputusan Kerajaan Inggris yang mengizinkan Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke Kanada. "Pangeran tidak seharusnya dikirim ke sini ketika tidak ada tugas yang berguna untuk mereka di bagian Atlantik lainnya. Kanada menerima orang dari keyakinan apapun, bangsa dan ras manapun. Tapi kalau kalian adalah anggota senior keluarga kerajaan kami, negara ini tidak bisa menjadi rumah kalian," tegas koran yang didistribusikan ke lima kota besar di Kanada itu.

Bagi kamu yang belum tahu, Kanada merupakaan negara persemakmuran yang mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Selain Kanada, negara persemakmuran Inggris lainnya misalnya Australia, New Zealand, Malaysia, Singapura, India, Kenya, Zambia dan Jamaika.

Sebelumnya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disebut sudah berjanji pada Ratu bahwa Kanada akan membantu mendanai pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Justin Trudeau juga menjamin keamanan Duke dan Duchess of Sussex, beserta anak mereka Archie, selama tinggal di negaranya.

Seperti dilaporkan Evening Standard, anggaran biaya pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan mencapai USD 1,7 juta atau sekitar Rp 23 miliar per tahun yang diambil dari wajib pajak warga Kanada. Namun kini pemerintah Kanada lewat Menteri Keuangan Bill Morneau menyatakan belum tentu akan membiayai pengamanan mereka.

"Belum, kami belum punya waktu memikirkan masalah ini. Kami jelas ingin selalu memastikan, sebagai anggota Persemakmuran, kalau kami akan ikut berperan. Tapi kami belum ada diskusi soal itu sekarang," kata Bill, seperti dilansir Daily Mail.

Simak Video "Pernyataan Resmi Ratu Elizabet Terkait Harry-Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)