'Pilih Kasih' Media Inggris Memperlakukan Kate Middleton dan Meghan Markle

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 15 Jan 2020 09:24 WIB
Kate Middleton dan Meghan Markle di Wimbledon 2018. (Foto: Clive Mason/Getty Images)
London - Sebagai bagian dari keluarga Kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Meghan Markle kerap menjadi sorotan. Apalagi keduanya masing-masing adalah istri dari dua pangeran favorit rakyat Inggris, William dan Harry.

Tak heran bila pemberitaan tentang Kate Middleton dan Meghan Markle hampir setiap saat mewarnai media di Inggris. Namun ternyata, terdapat perbedaan mencolok bagaimana media Inggris memperlakukan kedua perempuan tersebut.


'Pilih Kasih' Media Inggris Memperlakukan Kate Middleton dan Meghan MarkleKate Middleton dan Meghan Markle (Foto: Richard Pohle - WPA Pool/Getty Images)

Pemberitaan tentang Kate Middleton hampir selalu positif. Sebaliknya, Meghan Markle kerap diberitakan secara negatif. Setidaknya demikian hasil perbandingan yang dilakukan oleh Buzzfeed terhadap 20 berita dari sejumlah media Inggris terkemuka seperti Daily Mail, The Sun, Mirror, Telegraph, Express, Evening Standard dan Times.

Salah satu contohnya, terkait berita pernikahan kedua pasangan tersebut yang digelar secara akbar. Dalam pemberitaannya pada 30 November 2018 atau beberapa bulan setelah pernikahan Pangeran Harry dan Meghan, Daily Mail menyoroti permintaan Meghan untuk memakai pengharum ruangan di geraja tempat mereka menikah.


Artikel tersebut diberi judul: "Kicking up a stink: 'Dictatorial' bride Meghan wanted air fresheners for 'musty' 15th-century St George's Chapel... but the Palace said no". Judul tersebut sekiranya bisa dimaknai bahwa Meghan, sang Pengantin diktator mau memakai pengharum ruangan di gereja tua, tapi Istana menolaknya.

Nuansa pemberitaan tersebut berbeda dari artikel Daily Mail pada 4 Mei 2011 tentang lilin aroma terapi untuk mengharumkan gereja Westminster Abbey yang menjadi tempat pernikahannya dengan Pangeran William. Hanya disebutkan Kate memilih lilin keluaran Jo Malone beserta bahan-bahannya yang alami.


'Pilih Kasih' Media Inggris Memperlakukan Kate Middleton dan Meghan MarklePangeran Wiliam dan Pangeran Harry beserta Meghan Markle dan Kate Middleton. (Foto: Reuters)

Masih soal pernikahan mereka, Express pernah menerbitkan artikel berbeda yang menyoroti bunga di royal wedding tersebut. Dalam artikel yang berjudul 'Why You Can Always Say It with Flowers' (terbit 29 Agustus 2011), buket Kate Middleton dijadikan rekomendasi untuk mengekspresikan rasa sayang kepada orang tercinta.

Tidak demikian dengan bunga pilihan Meghan Markle. Pada 13 Oktober 2019, terbit artikel tentang buket Meghan Markle yang berisiko membahayakan kesehatan Putri Charlotte, anak kedua Kate dan William.

Perbedaan mencolok juga terlihat di Mirror. Busana Kate selalu dipuji ketika berpergian bersama Ratu Elizabeth II seperti pada artikel berjudul 'Kate's Stylish Coat Co-ordinated Perfectly with the Queen' yang terbit pada 14 Februari 2013. Giliran Meghan yang berpergian dengan Ratu, Mirror pada 29 Oktober 2018 menerbitkan artikel 'How Meghan Markle's Confusion Over a Hat Nearly Got Her Into Big Trouble with the Queen'.

Simak Video "Kate Middleton Kini Kerja Keras Bagai Kuda Usai Ditinggal Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)