Sebut Jimin BTS Produk Pabrikan, Dr. Phil 'Diserang' ARMY

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 11 Jan 2020 10:11 WIB
Jimin BTS disebut produk pabrikan oleh Dr. Phil. Foto: Instagram Jimin BTS disebut produk pabrikan oleh Dr. Phil. Foto: Instagram

Jakarta - Bintang talkshow Dr. Phillip C. McGraw dikritik karena pernyataannya yang terkesan mendiskreditkan artis Kpop. Psikolog dan pakar sosiologi itu menyebut Jimin BTS sebagai produk 'pabrikan' dan tak lebih dari objek marketing saat memandu acaranya sendiri, 'Dr. Phil'.

Pernyataan kontroversial Dr. Phil berawal dari salah satu episode yang menampilkan Oli London, fans berat BTS yang terobsesi memiliki bentuk wajah Jimin BTS dan mengubahnya lewat operasi plastik. Saking terobsesinya, ia bahkan menikahi boneka kertas bergambar Jimin BTS.

Oli London yang dipertemukan dengan Dr. Phil membuat pria yang telah memandu talkshow sejak 2002 ini prihatin. Dia mengatakan seharusnya Oli bisa lebih mencintai dirinya sendiri, yakni Oliver (nama asli Oli). Bukan sebagai orang yang mirip Jimin BTS.


Sebut Jimin BTS Produk Pabrikan, Dr. Phil 'Diserang' ARMYDr. Phil dikritik ARMY karena sebut Jimin BTS produk pabrikan dan marketing. Foto: istimewa

"Kamu memang bisa melakukan semua ini (operasi plastik dan menikahi papan kertas bergambar Jimin), tapi analisa akhirnya, kemanapun kamu pergi, Oliver selalu bersamamu. Kamu harus berdamai dengannya, dan belajar mencintai bagian dari dirimu itu," kata Dr. Phil, seperti dilansir Koreaboo.

Dr. Phil mencoba memberi pemahaman pada Oli bahwa tidak seharusnya dia menjadikan artis atau selebriti sebagai acuan yang berlebihan dalam berpenampilan. Pria 69 tahun ini menyebut sosok Jimin BTS yang membuatnya terobsesi adalah sebuah citra yang sudah diproduksi dan dipasarkan.

"Kamu harus tahu bahwa orang lain yang ingin kamu tiru itu bukanlah dia yang sebenarnya. Dia sudah diproduksi, imej yang dipasarkan," kata Dr. Phil lagi.

Ucapan Dr. Phil rupanya membuat para ARMY (sebutan untuk fans BTS), terutama fans Jimin BTS meradang. Mereka menganggap Dr. Phil telah mendiskreditkan Jimin BTS sebagai sosok nyata.


Sebut Jimin BTS Produk Pabrikan, Dr. Phil 'Diserang' ARMYOli London, pria yang terobsesi punya wajah Jimin BTS. Foto: Instagram (@londonoli)

"Instead of dragging that freak who wants to physically look like jimin, dr. phil dragged jimin instead? i'm tired of bts members getting dragged for crap other people do," cuit seorang ARMY di Twitter, yang mempertanyakan kenapa Dr. Phil tidak fokus pada masalah mental Oli London, tapi justru menyeret Jimin secara personal.

"So dr. phil said jimin is "a manufactured marketed image" which i think is ironic considering "dr." phil is not a licensed psychologist and his entire career is built on a manufactured, marketed image," kritik netizen yang menyatakan bahwa Dr. Phil juga sebuah imej yang dipasarkan dan diproduksi, sebab menurutnya Dr. Phil bukanlah psikolog yang berlisensi.

"That somebody who you're wanting to be isn't really who they appear to be. that is a manufactured, marketed image" way to discredit jimin as a real person dr.phil," protes netizen lainnya.

Oli London yang terobsesi dengan Jimin BTS sebelumnya melakukan serangkaian operasi plastik agar mirip idolanya itu. Setelah menghabiskan $150,000 atau sekitar Rp 2 miliar untuk operasi plastik, dia melakukan hal ekstrem lainnya.
Sebut Jimin BTS Produk Pabrikan, Dr. Phil 'Diserang' ARMYOli London menikahi boneka kertas dengan wajah Jimin BTS. Foto: Instagram (@londonoli)


Pria asal Inggris ini pergi ke Las Vegas, Amerika Serikat, untuk menikahi Jimin BTS dalam sebuah prosesi tak biasa yang dipandu pria tiruan Elvis Presley. Tentunya bukan Jimin asli tapi versi cardboard cutout atau boneka kertas.

Prosesi pernikahan Oli dengan 'Jimin' dihadiri sejumlah teman. Berdasarkan sejumlah foto dan video, acara tersebut cukup meriah. Ketika Elvis Presley tiruan mengumumkan mereka sebagai 'pasangan hidup', Oli pun mencium boneka kertas tersebut selagi teman-temannya bersorak.

"Ini adalah hari paling bahagia dalam hidupku. Menikahi Park Ji Min selalu menjadi mimpiku jadi aku super super senang bisa menikah dengannya dan ini akhirnya resmi. Aku bahkan punya sertifikat untuk membuktikannya, ditandatangani oleh Elvis Presley, raja rock and roll," tutur pria 29 tahun itu.

Simak Video "Pria Ini Habiskan Miliaran Rupiah Agar Mirip Jimin 'BTS' "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)