Suka Duka Cindy Si Bucin K-Pop Sukses: Dapat Penghasilan hingga Di-bully

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 30 Des 2019 12:16 WIB
Foto: instagram @cindynoona
Jakarta - Dikenal dengan nama Cindy Noona, Cindy bisa dibilang sebagai 'bucin' K-Pop yang sukses. Kecintaannya yang amat sangat pada boyband Korea, EXO, mendatangkan banyak keuntungan untuknya.

Orchidia Desinta atau yang akrab disapa dengan nama Cindy sudah menonton EXO lebih dari 100 kali di berbagai negara di Asia. Tak disangka kecintaannya pada EXO bisa membuat Cindy Noona memiliki penghasilan yang lebih dibandingkan pekerjaannya dulu sebagai bidan.

Untuk bisa mewujudkan mimpinya agar bisa menyaksikan boy band idolanya, Cindy membuka jasa perjalanan wisata sekaligus nonton konser boy band yang sedang digandungi oleh generasi milenial tersebut. Jasa turnya ini lah yang mendatangkan penghasilan untuk Cindy, ditambah dia juga memiliki bisnis online shop yang menjual album dan berbagai merchandise K-Pop.

"Ide awal buka tur itu 2015. Aku kepengin ke Korea karena ada yang member yang ulang tahun, yaitu Sehun dan Chan Yeol. Biasanya jika ada member yang berulang tahun akan ada project dari fans. Seperti membuat exhibition, screening, di sana ada subway advertisement yang gambarnya mereka ukurannya gede-gede itu kan. Langsung pada suka foto-foto di depan situ kan," ungkapnya panjang lebar saat dihubungi Wolipop, Jumat (27/12/2019).

Suka Duka Cindy Si Bucin K-Pop Sukses: Dapat Penghasilan hingga Di-bullySuka Duka Cindy Noona Jadi Bucin KPop. Foto: instagram @cindynoona
Saat mulai membuat tur, Cindy yang populer di Instagram dengan followers lebih dari 482 ribu itu awalnya meminta bantuan temannya yang tinggal di Korea. Sang teman yang menjadi pemandu tur, dirinya yang mengurusi promosi. Namun seiring perjalanan waktu sang teman memutuskan berhenti bekerjasama dengannya. Akhirnya dia sendiri lah yang mengurusi segala sesuatu urusan tur tersebut.
Kini perjalanan wisata sekaligus nonton konser Korea yang Cindy lakoni menginspirasi fans K-pop lainnya untuk mengikuti jejaknya agar bisa menghasilkan pendapatan sampingan. Menurut pemilik akun Instagram @cindynoona itu, dulu saat dia baru memulai usaha tur tersebut, belum banyak orang melakukan bisnis serupa.

"Sekarang sudah banyak fans yang memiliki bisnis kayak aku. Dulu aku ngerasanya bikin ini tanpa melihat siapapun. Aku membuat bisnis ini karena ide aku sendiri. Pas setelah booming di kalangan fans, lama-lama aku ngeliat banyak sekali punya tour yang kaya aku jalanin," jelas wanita 27 tahun itu.

Usaha turnya itu terbilang sukses dan bisa menghasilkan uang tambahan. Pengikut Cindy Noona di Instagram pun semakin bertambah. Kata wanita yang sudah sering bolak-balik ke Korea Selatan itu, dulu padahal dia diremehkan teman-temannya saat memutuskan resign dari pekerjaannya sebagai bidan.

"Aku itu dulu pas aku resign kerja dari rumah sakit, temen-temen aku sampai bilang, 'Ngapain sih elu resign? Elu nggak sayang kuliahnya mahal dan kuliah kesehatan itu agak berat juga. Kerjaan elu kan bisa terjamin dan kalau kuliah lagi, bisa bikin rumah sakit bersalin atau klinik atau jadi dosen kebidanan'," kenang Cindy.

Ucapan teman-temannya itu bukannya membuat Cindy patah arah. Dia yang emosi karena aksinya sebagai fans K-Pop diremehkan justru termotivasi untuk membuktikan dia bisa berhasil.

"Aku kepengin nujukkin ke mereka. Perlahan-lahan teman sejawat aku malah melihat sekarang aku jauh hidupnya lebih enak ketimbang zaman bekerja dulu. Mereka malah memuji aku, 'Enak ya jalan-jalan tetapi punya penghasilan'," ujarnya dengan bangga.

Bullying dari Sesama Fans K-Pop

Suka Duka Cindy Si Bucin K-Pop Sukses: Dapat Penghasilan hingga Di-bullySuka Duka Cindy Noona Jadi Bucin KPop. Foto: Dok. Pribadi
Menjadi fans K-Pop yang dianggap sukses ternyata juga mendatangkan duka untuk Cindy Noona. Tak jarang dia mendapat bullying atau komentar negatif sesama fans K-Pop yang iri padanya karena begitu seringnya dia bertemu dengan personel EXO.

"Biasanya anak-anak kecil yang suka menggiring opini, karena saking nggak sukanya sama aku. Mungkin karena aku ketemu sama EXO melulu. Gara-gara aku foto sama EXO dan Sehun juga sudah kenal sama aku. Ibaratnya aku sering menceritakan pengalaman aku yang mungkin mereka nggak akan bisa capai atau susah mencapainya. Semenjak itu, aku jadi sering dicari-cari kesalahannya, kayak hal yang tidak semestinya diributin," ucapnya.

Bahkan belum lama ini Cindy sampai menjadi trending topic di Twitter. Penyebabnya ada seseorang yang memfitnahnya dengan menyebutnya mendapat keistimewaan karena bisa dengan mudah mendapatkan tiket konser EXO. Awalnya fitnah itu didiamkan saja oleh Cindy. Dia tak menyangka aksi diamnya malah semakin membuat namanya buruk.

"Banyak orang yang kepengen menjatuhkan aku. Beritanya sudah tidak bisa aku redam dengan aku bersuara. Jadi aku biarin sampai mereka berhenti menyerangnya. Semakin aku diam malah semakin membesar. Sampai ke social media aku, Kakao Talk, Line, Twitter dan Instagram. Sama teman-temenku, aku disuruh diam dulu. Pas sudah reda aku mau ngomong. Tapi semakin aku diem itu semakin besar. Bahkan 24 jam semakin gede, akhirnya aku jadi trending topic nomor 1 di Twitter 'Cindy Ngambil Tiket'. Mereka nge-bully-nya jadi fitnah," kenangnya.

Cindy mengaku juga kerap dibully secara fisik. Merasa terusik dan mulai cemas, wanita sal Banjarnegara itu langsung meminta bantuan temannya untuk menempuh jalur hukum dengan menunjuk pengacara.

"Aku dibilang kemana-mana pakai uang haram, kasar banget lah. Sampai akhirnya temen aku ngebantuin buat mengajukan pengacara. Dan aku bikin klarifikasi. Orang-orang malah ngehapusin Twitternya. Akhirnya aku mencari si penyebarnya. Dia sudah meminta maaf," kata Cindy Noona.

Sebagai seorang fans EXO yang sudah bolak-balik bertemu idolanya dan kini punya penghasilan dari aksinya sebagai fans, Cindy kerap membagikan kisah inspiratifnya di media sosial. Dia pun senang ketika mendapatkan kisah dari orang-orang yang terinspirasi dengan ceritanya.

[Gambas:Instagram]

"Banyak yang DM aku, mereka ngerasain positif vibenya aku sampai ke mereka. Aku itu sering bilang dan cerita, aku itu awalnya sama kayak fans lainnya. Kepengin nonton konser, nabung. Karena ini kan hobi yang mahal. Kalau kamu nonton harus ekstra kerjanya. Misalnya kamu sudah kerja, tetapi kamu kepengin nonton dan sayang ngeluarkan uang untuk membeli tiket, kamu harus mencari uang tambahan lain," ucap Cindy.

Saran Cindy untuk para penggemar K-Pop adalah dengan berkumpul atau berteman dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan mimpi yang sama. Orang-orang ini yang menurutnya bisa membuatnya mencapai mimpinya sekarang.

"Semakin kesini banyak bocah-bocah suka ribut di Twitter. Akhirnya aku ngomong, kamu kalau kepengin dan ngefans sama K-Pop dan ada manfaatnya buat kamu, kamu temenan sama orang-orang yang bisa membawa kamu untuk mendukung. Misalnya grup chatnya yang hobinya ngomongin orang terus mendingan kamu menghindar dan keluar saja. Bikin grup chat baru dan cari teman yang menabung bareng, pilih teman yang membawa dampak positif," tutup Cindy.

Simak Video "Viral! Potret Fan K-Pop Gelar Pernikahan Serba EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)