Liputan Khusus Fans K-Pop

Jadi 'Bucin' K-Pop, Kisah Cindy Keliling Asia Nonton 100 Kali Konser EXO

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 28 Des 2019 09:00 WIB
Cindy Noona penggemar berat grup K-Pop, EXO. Foto: instagram @cindynoona
Jakarta - K-Pop, kepanjangan dari Korean Pop (Musik Pop Korea), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

Salah satu pecinta K-Pop di Indonesia bernama, Orchidia Desinta atau dikenal dengan nama Cindy Noona. Berawal dengan menjadi penggemar boy band Korea Selatan-Tiongkok EXO, yang berbasis di Seoul, dengan sembilan anggota Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen, dia sudah berkeliling Asia untuk menyaksikan konser boy band kesayangannya itu. Saking seringnya nonton konser EXO, Cindy bahkan tidak ingat persis sudah berapa kali dia menghadiri konser boyband tersebut.

"Kayaknya sudah 100 kali. Aku sudah pernah nonton konser EXO di Korea, Singapura, Malaysia, Manila, Hongkong, Macau, Seoul, Tokyo, Osaka dan Dubai. Apalagi ya aku lupa," ungkap Cindy Noona seraya tertawa.



Cindy mengaku pertama kali mengenal dunia K-pop sejak kuliah di Yogyakarta. Teman-teman kosnya di Yogyakarta sebagian besar menyukai K-Pop. Jadilah dia ikut 'teracuni' dunia K-Pop.

 Jadi 'Bucin' K-Pop, Kisah Cindy Keliling Asia Nonton 100 Kali Konser EXOKisah Cindy Noona Keliling Asia Nonton EXO. Foto: instagram @cindynoona


"Dikostan aku itu anak yang paling muda disitu. Dan yang lebih tua dari aku itu rata-rata suka kpop gitu. Semuanya itu suka K-pop, aku doang yang nggak suka. Tapi aku nggak tertarik sama K-Pop dan menganggap mereka alay gitu," kata Cindy saat dihubungi oleh Wolipop, Jumat (27/12/2019).

Anggapan Cindy seiring perjalanan waktu berubah dratis. Apalagi saat dia mulai melihat EXO. "Aku itu lihat EXO nyanyi cover lagu Billionaire, suaranya bagus gitu diluar ekspetasi, ternyata ada suara yang sebagus itu. Baru dari situ aku suka pas 2013 EXO comeback," tuturnya.

Pada 2014, Cindy Noona mengaku sudah mulai ketagihan EXO. Konser EXO pertamanya adalah di Jakarta pada September 2014. Dia tidak melupakan hari itu, di mana dirinya pertamakali menonton langsung idolanya dan datang sejak Subuh.


"Masuk ke konsernya nggak ada nomer urut, Jadi orang dateng Subuh-subuhan. Terus udah kecapekan gitu karena sudah dari Subuh, desak-desakan. Aku seneng konsernya tapi aku ngerasa nggak konsen aja pas nonton.

 Jadi 'Bucin' K-Pop, Kisah Cindy Keliling Asia Nonton 100 Kali Konser EXOKisah Cindy Noona Keliling Asia Nonton EXO. Foto: instagram @cindynoona


Merasa kurang puas dengan konser EXO di Jakarta, wanita yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah itu bertekad untuk menonton konser EXO di Bangkok.

"Karena bangkok itu salah satu tujuannya EXOL gitu lho. Pertama EXOL kalau nggak di Seol atau di Bangkok. Tahun 2015 aku nabung agar aku bisa nonton konser EXO di Bangkok," jelasnya. Cindy menabung selama 10 bulan agar bisa membeli tiket dengan harga Rp 4 juta.

Dari beberapa negara yang sudah ia kunjungi demi mengikuti konser EXO, Cindy Noona mengungkapkan butuh perjuangan untuk dapat mendapatkan tiket konser tersebut. Karena nyaris di semua negara, tiket konser EXO sold out dalam sekejap setelah penjualannya resmi dibuka.

"Jadi aku nggak pernah dapat harga tiket Exo seharga originalnya. Aku selalu kayak dapet yang kayak dua dan tiga kali lipatnya gitu. Apalagi kalau aku cari seat yang paling bagus. Duduk yang paling depan biasanya dijualnya empat kali lipatnya gitu. Tapi aku lebih suka yang kayak gitu, lebih puas aja. Aku itu malas kalau nonton konser desak-desakan gitu. Kayak rebutan gitu dorong-dorongan. Aku itu kalau nggak dapet tiket paling depan, mendingan beli yang murah sekalian paling belakang. Nggak mau di tengah-tengah desak-desakan," ungkapnya panjang lebar.

[Gambas:Instagram]



Apa yang membuat Cindy Noona sampai setidaknya 100 kali nonton konser EXO di berbagai negara di dunia? Anak pertama dari empat bersaudara ini menuturkan yang membuat ia terus mengikuti konser EXO karena setiap konsernya memiliki tema yang berbeda.

"Setiap tour EXO itu sudah ada lima tour dan konsep yang berbeda. Konser pertama itu mereka nyanyiin dari tahun berapa dan tahun berapa dan comeback album lagi, lagu baru lagi. Jadi konser itu tujuannya kalau untuk ketemu fans dan juga mempromosikan lagu yang mereka luncurkan. Konser pertama selesai, konser keduanya mulai lagu-lagu baru dan tidak menyanyikan lagu yang di konser sebelumnya, jadi setiap konsernya itu beda konsep dan beda perfomanya," tutur Cindy.

Pastinya Cindy mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dari setiap perjalanannya menonton konser EXO di berbagai negara itu. Dia pun memberi bocoran kisaran biaya perjalanan yang dihabiskan. Untuk tiket pesawat PP dan termasuk hotel menghabiskan sekitar Rp 6 - 7 juta. Biaya paling besar adalah untuk tiket konser karena dia selalu memilih posisi paling depan.

"Kalau aku kan pakai yang global package Rp 16 jutaan per satu tiket konser. Pokoknya kalau di luar negeri itu tiket konser range Rp 4-6 juta. Itu tiket dari calo ya bukan dari aslinya selalu sold out. Selalu beli di resellernya gitu," ucap Cindy.

Cindy dulunya bekerja sebagai bidan di sebuah rumah sakit di Jakarta Barat. Namun seiring kecintaannya pada EXO, aksi bucinnya itu malah mendatangkan rezeki untuknya. Dia menjual berbagai merchandise dan album EXO dengan mendirikan online shop. Dan kini Cindy yang sudah resign dari pekerjaan sebagai bidan juga mendirikan usaha tour & travel khusus untuk para penggemar EXO yang ingin menonton konser di mancanegara. Dari berbagai usahanya itulah Cindy bisa membiayai 'kebucinannya' pada EXO.

"Semuanya biaya sendiri dari hasil tour. Terus ada juga dari endorsean, kampanye dengan brand (Cindy menyebut nama brand e-commerce). Aku dapat uang juga dari situ," ujar Cindy yang populer di Instagram dengan followers di akunnya @cindynoona lebih dari 480 ribu itu.

Selain sudah nonton lebih dari 100 konser EXO, Cindy juga dikenal rutin menghadiri fansign EXO. Dia nyaris tidak pernah absen di acara tersebut. Bagaimana kisahnya? Simak cerita Cindy di artikel selanjutnya.



Simak Video "Sisi Manis dan Romantis KAI EXO di Comeback 'Peaches'"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)