5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-pop

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 16 Des 2019 09:45 WIB
Foto: Twitter & Instagram BTS Foto: Twitter & Instagram BTS
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau manajemen atau agensi artis di Korea Selatan memberlakukan berbagai aturan ketat terhadap para bintang yang berada di bawah naungannya. Salah satunya soal makanan.

Pada masa-masa trainee dan awal debut, para idol sangat diatur pola makannya, dengan tujuan agar tubuh mereka sesuai 'standar' tubuh ideal. Idol K-pop tidak boleh makan sembarangan dan asupan makan mereka dibatasi. Jika ketahuan melanggar akan mendapat peringatan dan teguran keras.

Seperti dikutip dari Koreaboo, sedikitnya ada lima makanan 'terlarang' yang ditetapkan banyak manajemen artis K-pop. Apa saja?

1. Roti Tawar Putih
5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-popFoto: iStock
Saat ingin menurunkan atau menjaga berat badan, roti memang salah satu makanan terburuk. Kandungan karbohidrat putih atau gula cenderung tinggi dan berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan apabila dimakan setiap hari. Kecuali jika yang dikonsumsi adalah roti gandum utuh.

Seolhyun personel AOA termasuk idol yang sangat menyukai roti. Tapi sejak dilarang agensinya, dia terpaksa harus menghindari makanan itu. Setelah tidak makan roti ditambah olahraga intens, Seolhyun mengaku mengalami penurunan berat badan drastis. Dia juga menjelaskan kalau agensi mewajibkannya menulis catatan harian makanan apa saja yang dimakan demi menjaga dietnya.

2. Mie
5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-popFoto: iStock
Sebagian besar makanan terbuat dari tepung dilarang oleh manajemen artis karena bisa merusak diet penurunan berat badan, termasuk mie. Sama seperti roti, mie juga mengandung karbohidrat tinggi. Maka konsumsi mie dilarang khususnya pada masa-masa promosi album baru.

Leader boyband BTS, RM, mengaku sangat suka makan jajangmyeon atau mie khas Korea dengan saus hitam. Dia pernah curhat agensinya melarangnya makan jajangmyeon setiap masuk periode promosi album. Ada kalanya RM sangat ingin makan mie tersebut, sehingga dia niat berbohong. Ia akan minta izin pergi ke kamar mandi, padahal sebenarnya diam-diam pergi ke restoran terdekat untuk makan jajangmyeon.

3. Nasi dan Produk Olahannya
5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-popFoto: iStock
Nasi juga jadi makanan 'terlarang' di sebagian besar agensi K-pop. Tapi jika memang artisnya benar-benar harus makan nasi, mereka akan membolehkan untuk makan nasi merah. Selain nasi dalam bentuk butiran, agensi biasanya juga melarang para idol makan makanan dari tepung beras atau teokpokki.

Heeyou, artis pendatang baru, sangat suka makan teokpokki dengan saus yang pedas. Karena aturan manajemen, dia harus rela tidak makan teokpokki setahun belakangan ini.

4. Jokbal (Kaki Babi)
5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-popFoto: iStock
Jokbal termasuk makanan khas yang banyak disukai orang Korea. Biasanya dimakan sebagai camilan saat larut malam. Jokbal memiliki kalori sangat tinggi sehingga agensi melarang para idol memakannya.

Tzuyu dari TWICE termasuk artis yang hobi menyantap jokbal dan salah satu makanan favoritnya. Tzuyu bercerita, dia dan para personel TWICE lainnya pernah duduk di pojokan kamar asrama untuk menghindari kamera pengawas, karena ingin makan jokbal tanpa ketahuan.

5. Burger
5 Makanan Terlarang untuk Disantap Para Idol K-popFoto: Instagram
Burger termasuk junk food dengan kalori dan garam sangat tinggi. Maka tidak perlu jadi pertanyaan kenapa makanan ini juga terlarang bagi para idol.

Namun karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan, banyak idol yang sembunyi-sembunyi makan burger. Salah satunya Cha Eunwoo personel Astro. Saat masih dalam masa training, Eunwoo mengaku pernah curi-curi kesempatan menyantap burger.

Simak Video "Deretan Artis Korea yang Cantik Alami Tanpa Operasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)