Terpopuler Sepekan: Sosialita Indonesia yang Dituduh Penipu Ulung di Hong Kong

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 07 Des 2019 13:39 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Kabar sosialita Indonesia yang disebut sebagai penipu ulung di Hong Kong cukup menyita perhatian sepekan ini. Dia adalah Azura Luna Mangunhardjono yang jadi perbincangan setelah dituduh sebagai penipu profesional demi gaya hidup mewahnya sebagai sosialita di Hong Kong. Wanita asal Indonesia ini pun dilaporkan oleh mantan kekasihnya yang merasa ditipu oleh dirinya.

Mantan kekasih Azura yang diidentifikasi bernama Jason mengingat bagaimana pertama kali ia bertemu dengan Azura. Jason menggambarkan bagaimana Azura terlihat mencolok dan luar biasa. Azura memperkenalkan dirinya kepada Jason bahwa ia adalah seorang putri Indonesia yang menerima tunjangan $ 150.000 atau Rp 2,1 miliar sebulan, berkeliling dunia hanya melalui jet pribadinya. Azura bahkan mengaku memiliki warisan senilai $ 30 juta atau Rp 422 miliar dari ayahnya yang telah meninggal, termasuk mempunyai kapal pesiar.



Terpopuler Sepekan: Sosialita Indonesia yang Dituduh Penipu Ulung di Hong KongFoto: Instagram


Nyatanya itu semua bohong besar. Mantan kekasih Azura lainnya, Robert menceritakan bahwa wanita asal Indonesia itu merupakan penipu profesional. Robert telah mengirim Azura hingga $ 150.000 atau Rp 2,1 miliar untuk ayahnya yang sekarat pada akhir 2017. Robert juga mentransfer $ 30.000 atau Rp 422 juta ke Azura untuk apa yang dia sebut sebagai sumbangan amal, yang kemudian Robert mengetahui bahwa uang itu tidak pernah diberikan kepada badan amal.

Pengakuan lain datang dari mantan teman Azura, Diane yang menceritakan pengalaman negatif dalam persahabatan mereka. Azura tidak mengembalikan lukisan yang dipinjam darinya untuk acara spesial. Tak hanya itu, Azura sering berdalih kartu kreditnya tertinggal di rumah saat harus membayar tagihan restoran. Akhirnya, seorang teman lain memberi tahu Diane bahwa berteman dengan Azura merusak reputasinya, jadi dia memutuskan untuk berhenti berbicara dengan Azura.

Diane dan Robert mulai mencari tahu tentang Azura dan menemukan sebuah situs web dimana memungkinkan pengguna untuk mengeluh secara anonim tentang perusahaan atau individu. Sebuah laporan yang diajukan di situs web itu pada bulan Desember 2018 menggambarkan Azura sebagai salah satu seniman penipuan terbesar di Hong Kong. Itu menguatkan dugaan Azura menggunakan latar belakang palsunya untuk meminjam uang dari teman-teman yang ia kenal dan tidak pernah membayar kembali.

Terpopuler Sepekan: Sosialita Indonesia yang Dituduh Penipu Ulung di Hong KongFoto: Instagram


Wanita yang sempat memiliki akun LinkedIn, tertulis bahwa ia terdaftar telah menyelesaikan gelar sarjana psikologi di Dartmouth, MBA dari Cambridge dan mengejar minat di bidang teknik kedirgantaraan di MIT. Dia dilaporkan bekerja sebagai direktur pelaksana "APAC Advisory Group". Namun, setelah diselidiki Azura tidak terdaftar pernah bersekolah di Dartmouth atau MIT

Dugaan pelanggaran Azura mencapnya sebagai profesional yang berpengalaman dalam mencuri, memeras dan menipu orang yang tidak menaruh curiga. Azura juga disebut tidak hanya menipu di Hong Kong, tetapi juga di London, Paris, Milan, Singapura, Jakarta, LA dan New York City. Banyak korban Azura memperingatkan masyarakat lain untuk segera menghubungi pihak berwenang setempat setelah mereka bertemu dengannya.



Simak Video "Penting! Jangan Lupa Foto Kondisi Paket Saat Terima Belanjaan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)