Ini Alasan Pacar Keanu Reeves Biarkan Rambutnya Memutih

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 06 Des 2019 09:57 WIB
Foto: Instagram grantalexandra
Jakarta - Sosok Alexandra Grant, pacar Keanu Reeves sebelumnya sempat disangka Helen Mirren karena sekilas mirip dan sama-sama berambut putih. Terkait rambutnya, seniman 46 tahun itu memang sengaja membiarkannya memutih karena ingin menunjukkan bahwa wanita punya pilihan.

Banyak wanita memilih untuk mewarnai rambut demi tampil lebih menarik atau menutupi uban. Alexandra pun pernah demikian. Namun seiring dengan pertambahan usia, ia tampaknya sadar bahwa wanita punya pilihan untuk tidak melakukannya apalagi menurut penelitian cat rambut juga bisa jadi pemicu kanker payudara pada wanita.

Beberapa waktu lalu, Alexandra mengomentari berita mengenai penelitian tersebut dan membagi ceritanya sendiri mengenai uban dan cat rambut.

"Wow, berita hari ini. Angkanya mengejutkan, terutama untuk wanita berkulit warna. Aku beruban dini di usia 20an dan pernah mewarnai rambut dengan berbagai warna sampai aku tidak bisa mentoleransi racun dari cat rambut lagi," tulisnya di Instagram.

"Di usia 30an, aku membiarkan rambutku menjadi 'pirang'. Aku mencintai dan mendukung setiap wanita bisa memilih bagaimana mereka memilih berpenmapilan di berbagai tingkatan usia. Tapi atau dan, jika wanita dituntut dengan standar kecantikan, maka mari kita bicarakan mengenai standar kecantikan itu. Cinta untuk semua wanita," lanjutnya.
Penelitian yang dimaksud Alexandra adalah riset dari The National Institutes of Health yang menganalisa rutinitas perawatan rambut 46.709 wanita dalam kurun waktu 10 tahun. Riset itu menemukan bahwa mereka yang rutin mewarnai rambut secara permanen lebih berisiko terkena kanker payudara. Hasil analisa juga menunjukkan mereka yang menggunakan cat rambut permanen, tingkat risiko mengalami tumor atau kanker payudara 9 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak pernah memakainya.

Risikonya bahkan lebih tinggi pada wanita keturunan Afrika. Angka risiko mencapai 60 persen pada mereka yang memakai cat rambut permanen setiap delapan minggu sekali. Sementara untuk penggunaan cat rambut semi-permanen dan temporer, tidak ditemukan adanya peningkatan risiko kanker payudara.

Tidak hanya mereka yang rutin mengecat rambut permanen, para wanita yang sering meluruskan rambut secara kimia juga perlu waspada. Mereka yang setiap delapan minggu sekali meluruskan rambut, 30 persen lebih berisiko terkena kanker payudara.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)