Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull Yakin Jadi Miss Universe 2019

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 19 Nov 2019 19:19 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2019. Ia pun optimis akan membawa pulang mahkota Miss Universe bagi Indonesia untuk pertama kalinya.

Malam final Miss Universe 2019 digelar pada 8 Desember mendatang di Atlanta, Georgia, AS. Proses karantinanya sendiri akan berlangsung dari 28 November.

Di Miss Universe 2019, Frederika akan bersandingan dengan 85 finalisnya dari seluruh penjuru dunia. Berbagai persiapan pun telah Frederika jalani untuk mematangkan penampilannya di salah satu kontes kecantikan paling bergengsi tersebut. Persiapan tersebut mencakup kebugaran fisik sampai mental. Ia bahkan sempat menjalani training khusus selama dua bulan di AS.



Bermodal pengalamannya yang didapat selama pembekalan, Frederika yakin akan tampil maksimal di Miss Universe 2019. "Hopefully, saya bisa memberikan mahkota perdana Miss Universe buat Indonesia," kata perempuan kelahiran 5 Oktober 1999 itu saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull yakin raih juara Miss Universe 2019Puteri Indonesia Frederika Alexis Cull yakin raih juara Miss Universe 2019 Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


Namun bagi Frederika, Miss Universe 2019 bukan sekadar ajang unjuk kebolehan fisik. Ia akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk beradvokasi tentang anak-anak yang kurang mampu dan tidak dapat memiliki akta kelahiran.

"Ternyata 75 juta orang Indonesia tidak punya akta kelahiran. Akibatnya, mereka tidak bisa menikmati fasilitas pendidikan gratis serta jaminan kesehatan. Padahal itu penting karena kebanyakan dari mereka hidup di bawah garis kemiskinan," kata perempuan yang aktif di beberapa organisasi amal yang bergerak di bidang pendidikan itu.

Harapan Frederika, keikutsertaannya di Miss Universe 2019 akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memiliki akta kelahiran. Pemerintah terkait juga termotivasi untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Tak cuma di Indonesia, tapi juga dalam skala global.

Indonesia melalui Yayasan Puteri Indonesia rutin mengirimkan wakilnya ke ajang Miss Universe sejak 1993. Perwakilan pertama dari Indonesia kala itu adalah Puteri Indonesia 1992 Indira Soediro. Sejak itu, Indonesia belum pernah menyabet gelar utama Miss Universe.



Namun, mulai dari era 2000-an, wakil Indonesia setidaknya pernah beberapa kali masuk 15-20 besar. Bahkan di ajang Miss Universe 2014, Elvira Devinamira membawa pulang gelar Best National Costume dengan kostumnya yang bertajuk 'The Chronicle of Borobudur'. Ini pertama kalinya dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang tersebut.

Tahun lalu, Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra berhasil menembus Top 20 Miss Universe 2018 di Bangkok Thailand. Nah, apakah harapan Frederika untuk menjadi Miss Universe yang pertama dari Indonesia akan terwujud tahun ini? Kita lihat saja nanti.

Simak Video "Dari Teko Hingga Srikandi, Kostum Miss Universe 2019 Curi Atensi"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/agm)