Sedihnya Kisah Sulli, Melawan Bullying Tapi Depresi karena Di-bully

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 15 Okt 2019 18:29 WIB
Sulli meninggal bunuh diri di apartemennya, Mingggu (13/10/2019). Foto: Instagram @jelly_jilli
Jakarta - Choi Jin-ri atau lebih dikenal dengan nama panggung Sulli ditemukan meninggal dalam kondisi tergantung di apartemennya, Minggu (13/10/2019). Kepergiaannya menambah daftar artis Korea yang meninggal karena bunuh diri dan diduga depresi. Sebelum Sulli, ada Jonghyun 'Shinee' yang meninggal dunia dengan cara serupa.

Netizen Korea Selatan (K-Netz), tak luput dari tuduhan atas meninggalnya Sulli di tengah usahanya untuk kembali bangkit ke industri hiburan setelah vakum dari dunia keartisan pada 2014. Tak terhitung lagi berapa banyak bullying yang diterima Sulli di media sosial. Entah itu mengritik tentang penampilan, pemikiran maupun gerak-geriknya.

Sulli dan bullying seolah menjadi sesuatu yang melekat. Begitu seringnya di-bully, Sulli pun mencoba melawan dengan menjadi host program variety The Night of Hate Comments.



Pada tayangan The Night of Hate Comments, Sulli menjadi host bersama tiga selebriti lainnya yaitu Shi Dong-yup, Kim Sook dan Kim Jong-min. Seperti dikutip dari Soompi, setiap minggunya keempat host itu akan berbincang dengan seorang bintang tamu yang juga rekan sesama artis mengenai komentar jahat netizen. Para artis itu diminta membaca komentar-komentar bernada bullying dari para netizen dan memberikan tanggapannya.

Sedihnya Kisah Sulli, Melawan Bullying Tapi Depresi karena Di-bullySulli secara terbuka melawan bullying terhadap dirinya. Foto: Instagram


Stasiun televisi JTBC yang memproduksi tayangan ini mengatakan acara The Night of Hate Comments ini bisa membantu para artis menjadi sosok yang lebih kuat secara pskilogis. Acara ini juga diharapkan bisa membuat netizen paham etiket berperilaku di media sosial.

Sulli sendiri tampil di episode perdana The Night of Hate Comments. Mantan personel girl band f(x) itu membaca sejumlah kritik yang ditujukan padanya sambil berusaha tersenyum saat memberikan respon atas komentar pedas tersebut.

Sejumlah komentar jahat yang dibacakannya adalah saat dia disebut sebagai druggie atau pengguna narkoba karena penampilan matanya. Sulli menjawab dirinya tidak pernah melakukan tindakan yang melanggar hukum. Namun dia memang mempelajari perilaku pengguna narkoba sebagai bagian dari risetnya sebagai aktris.

Sulli juga menjawab kritikan netizen tentang penampilannya yang selalu tidak memakai bra. Netizen menyebut perilaku itu dilakukannya untuk mencari perhatian alias caper.
Sedihnya Kisah Sulli, Melawan Bullying Tapi Depresi karena Di-bullyFoto: Instagram @jelly_jilli

""Aku pikir itu mengenai kebebasan individu. Bra tidak baik untuk kesehatan. Bra punya kawat. Itu tidak baik untuk organ-organ pencernaan dan aku punya masalah dengan pencernaanku. Karena lebih nyaman tidak pakai (bra), aku tidak memakainya. Aku pikir itu bebas dan cantik," begitu kata Sulli seperti dikutip Newsweek.

Saat membahas soal bullying netizen padanya itu, Sulli mengatakan dulu dia pernah mau menggugat seorang netizen. Namun ternyata netizen itu diketahuinya seorang mahasiswa di perguruan tinggi bergengsi. Sang mahasiswa pun kemudian meminta maaf padanya dan Sulli memutuskan memberi maaf.

Melalui tayangan The Night of Hate Comments, Sulli berharap orang-orang bisa menerima fakta bahwa tidak semua idol bisa selalu sempurna. Dan fakta bahwa setiap orang berbeda dari lainnya serta seharusnya perbedaan itu 'dirayakan' bukan malah di-bully.

"Ada banyak orang unik di negara ini dengan bakat yang sungguh luar biasa dan aku merasa mereka membuang-buang waktu dengan menggunakan energi mereka untuk mengkritik orang lain secara online," ujarnya.

Dalam kehidupan nyata, artis yang meninggal dunia di usia 25 tahun itu dikenal sering berbicara terbuka untuk melawan cyber bullying. Dia mengakui bullying di internet itu memengaruhinya.

Meski kerap dibully, Sulli tetap tidak gentar untuk terus berbicara mengenai pandangannya atau kehidupan pribadinya, Pada episode ke-15 The Nigh of Hatte Comments yang membicarakan tentang dua sisi kehidupan selebriti, bintang drama Korea, Hotel Del Luna, itu mengungkapkan hal miris dari hidupnya.

"Aku berbohong pada semua orang dengan berpura-pura bahagia," begitu katanya.

Dan kalimatnya itu terus melekat di benak para fansnya saat Sulli akhirnya memutuskan bunuh diri. Meskipun sampai saat ini penyebab Sulli bunuh diri belum diketahui, tak sedikit orang menduga dia sudah tak kuat untuk terus berpura-pura bahagia dan tersenyum menjawab bully dari para netizen.



Simak Video "Pelaku Beauty Bullying Mayoritas Wanita, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)