Rinaldy A Yunardi Ciptakan Aksesori Bertema Indonesia Bersama 8 Florist

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 21 Sep 2019 16:01 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Desainer aksesori Rinaldy A Yunardi ikut meramaikan World Flower Council (WFC) Summit, ajang pertemuan pencinta dan pelaku industri bunga tingkat dunia, yang digelar di Hotel Westin Nusa Dua Bali, pada 19-22 September 2019. Dalam acara yang telah diadakan ke-36 kalinya tersebut, pria yang akrab disapa Yungyung ini akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Yungyung mempersembahkan fashion show bertajuk 'Khatulistiwa' sebagai penutup acara WFC Summit 2019, Minggu (22/9/2019), bersama delapan florist terpilih untuk menampilkan karya-karya yang terinspirasi dari berbagai provinsi di Indonesia. Bagi Yungyung, ini merupakan kali pertama ia berkolaborasi dengan banyak desainer bunga.



"Karya ini membawa nama Indonesia. Ada 25 rancangan yang masing-masing mewakili provinsi di Indonesia," ujar pria yang karyanya pernah dipakai sejumlah selebriti dunia ini, saat ditemui di Nusa Dua Bali, Sabtu (21/9/2019).

Koleksi aksesori Rinaldy A Yunardi di JFW 2019Koleksi aksesori Rinaldy A Yunardi di JFW 2019 Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


Menurutnya, mengombinasikan aksesori dengan material logam dan bunga-bungaan segar menjadi tantangan sendiri. Baik bagi Yungyung sendiri maupun delapan florist yang terlibat.

"Tantangannya gimana kita harus saling mengisi bukan menonjolkan diri. Total look-nya fresh flower dengan karya saya (sebagai medium)," ucapnya.

Koleksi aksesori yang ditampilkan merupakan lanjutan dari karyanya bertema 'Aku Untukmu Indonesia' yang sempat ditampilkan di Jakarta Fashion and Food Festival 2019, belum lama ini. Materialnya didominasi material metal seperti perak, tembaga dan sepuhan emas.

Pameran Bunga WFCPameran Bunga WFC Foto: Foto: Hestianingsih/Detik


Diakui Yungyung, menyiapkan koleksi kolaborasi unik ini, tidak dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara. Sebab bunga segar cenderung cepat layu. Oleh karena itu sebagian besar karya yang akan ditampilkan dipersiapkan H-1 atau bahkan menjelang fashion show.

"Persiapannya ada yang mengerjakan hari ini dan besok sampai sebelum fashion show juga ada," katanya.

Dia melanjutkan, "Logam dan bunga itu dua unsur berbeda. Kerjaan beratnya karena ini kolaborasi dari beberapa jiwa maka harus saling isi. Masing-masing desainer punya ciri khas dan mereka harus mengalah untuk saling mengisi."

Simak Video "Kylie Jenner Pakai Tiara Karya Desainer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/kik)