Kisah Miris Model yang Dipaksa Untuk Diet Agar Kurus Tinggal Tulang

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 12 Jul 2019 15:08 WIB
Rosie yang bekerja sebagai model, dipaksa untuk diet mati-matian. Foto: dok. Instagram Rosie yang bekerja sebagai model, dipaksa untuk diet mati-matian. Foto: dok. Instagram

Jakarta - Seorang model bernama Rosie Nelson mengungkapkan sisi kelam bekerja di industri fashion. Rosie yang bekerja sebagai model, dipaksa untuk diet mati-matian agar punya tubuh yang sangat kurus hingga tinggal tulang.

Saat terjun pertama kali sebagai model usianya masih 21 tahun. Saat itu dia sering ditolak agensi model karena dibilang terlalu gemuk atau terlalu tua. Rosie yang punya tubuh tidak gemuk itu mengatakan bahwa dia diminta untuk menurunkan berat badan.



Beberapa bulan setelah ia berhasil menurunkan berat sebanyak 10kg, Rosie kembali ke sebuah agensi. Tim agensi kembali mengatakan bahwa Rosie harus menurunkan berat badannya kembali. Sang agensi mengatakan bahwa turunkan berat badan sampai tinggal tulang.

Kisah Miris Model yang Dipaksa Untuk Diet Agar Kurus Tinggal Tulang Foto: dok. Instagram


Sejak saat itu, Rosie mengalami Body Dysmorphic Disorder (BDD), sebuah jenis penyakit mental kronis dimana penderita tidak bisa berhenti memikirkan penampilannya dari cacat sedikit pun. "Selamanya aku akan mengalami body dysmorphia karena industri modelling," ucapnya.

Wanita asal Inggris itu bercerita bahwa sewaktu remaja dia memiliki tubuh yang bugar. Dia sangat nyaman dan bahagia dengan tubunya saat itu.

"Sekarang ketika dewasa, aku masih di ukuran delapan atau 10, namun aku melihat diriku sangat besar. Aku mencubit bagian perutku dan berpikir bahwa harus menurunkan berat badan," ucap Rosie, seperti dikutip Mirror.

"Aku tahu di dunia nyata aku termasuk wanita dengan tubuh yang sangat kurus atau bahkan di bawah rata-rata tapi di dunia modelling aku dua ukuran lagi menjadi model plus-size," tambahnya.



Rosie kini aktif berkampanye untuk dunia model dan fashion dalam gerakan Remodel Fashion. Tujuannya untuk melawan regulasi standar model yang selama ini telah berlaku. Kampanye ini juga melindungi model agar tidak ditargetkan untuk menjadi sangat kurus dan bekerja sesuai dengan jam kerja yang rasional.

Rosie telah melihat teman-temannya sesama model yang menangis karena kelelahan bekerja sampai pingsan karena kurang makan. Banyak juga melakukan diet tidak sehat karena dipaksa agensi model.

Simak Video "Model Tales Soares Meninggal Setelah Jatuh di Catwalk"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)