Kostum Darth Vader dari Tahun 1979 Dilelang, Diperkirakan Laku Rp 28 M

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 30 Apr 2019 17:02 WIB
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images

Jakarta - Sebuah kostum Darth Vader dari tahun 1979 akan dilelang tahun ini. Kostum itu dibuat oleh tim kostum dari film Star Wars, dan dipakai pada acara premier hingga jumpa penggemar di tahun tersebut.

Kostum ini terdiri atas 17 bagian, termasuk topeng, boots, jubah, sarung tangan dan lainnya. Terbuat dari material kulit, wool, sutra, juga fiberglass. Kostum asli itu pun diperkirakan akan laku hingga US$ 2 juta atau Rp 28 miliaran, menurut rumah lelang Bonhams yang mengadakan pelelangan.

Penjualnya adalah pria bernama Bryce 'Kermit' Eller. Dia mendapatkan kostum Darth Vader ini berkat suaranya yang berat. Suara itu membawa Bryce mendapat pekerjaan sebagai pemeran Darth Vader di berbagai premier di film Star Wars, acara tanda tangan, bahkan di Academy Awards tahun 1978.

Kostum Darth Vader dari Tahun 1979 Dilelang, Diperkirakan Laku Rp 28 MFoto: Dok. Getty Images

Bonham mengatakan kostum tersebut diproduksi tahun 1979 oleh tim kostum Star Wars. Desainer kostum John Mollo dari London membuatnya untuk film 'The Empire Strikes Back. Namun belum jelas apakah kostum yang sama ini juga pernah dipakai ketika syuting sebelum diberikan kepada Bryce.

"Kostum itu sangat, sangat panas. Kamu memakai banyak lapisan. Butuh 25 menit untuk memakai kostum, dan kamu butuh asisten untuk membantu memakainya," ujar Bryce.

Bryce bahkan pernah hampir pingsan karena memakai kostum tersebut berjam-jam dan menjadi dehidrasi. Paramedis datang membantunya dan ingin memotong kostum tersebut demi menyelamatkannya.

"Aku bilang tidak. Aku akan sembuh, tapi kostum itu tidak," kenangnya.

Kostum dari film Star Wars selalu terjual dengan harga tertinggi di pelelangan. Tahun 2017, droid R2-D2 dari tahun 1977 terjual sampai US$ 2.76 juta atau Rp 40 miliar, dan lightsaber yang dipakai Luke Skywalker terjual US$ 450 ribu atau Rp 6,4 miliar.
(asf/asf)