Hari Bumi, 5 Artis Indonesia Ini Aktif Kampanyekan Cinta Lingkungan

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 22 Apr 2019 11:16 WIB
Nadine Chandrawinata aktif mengkampanyekan cinta lingkungan bukan hanya di Hari Bumi. Foto: Dok. Instagram/nadinelist Nadine Chandrawinata aktif mengkampanyekan cinta lingkungan bukan hanya di Hari Bumi. Foto: Dok. Instagram/nadinelist

Jakarta - Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April mengingatkan semua orang di dunia untuk mencintai bumi. Namun bagi lima artis ini, mencintai bumi mereka lakukan setiap hari.

1. Hamish Daud

Dikenal sebagai aktor dan bintang iklan, Hamish Daud menggunakan popularitasnya untuk mengajak semua orang lebih mencintai bumi bukan hanya di Hari Bumi. Dia aktif mengkampanyekan cinta lingkungan melalui organisasi Indonesian Ocean Pride. Suami dari penyanyi Raisa ini berharap kekayaan alam Indonesia terutama lautnya bisa dinikmati hingga masa mendatang oleh anak cucu kita.

[Gambas:Instagram]


""Kita harus tahu kekayaan alam Indonesia itu besar, Indonesia punya hutan yang padat dan memiliki laut yang luas, 1 meter di Raja Ampat itu setara dengan 1 km di Bahamas. Kita juga memiliki 1.800 spesies baru selama 20 tahun terakhir dan spesies endemik yang terdapat di Indonesia," kata bintang film Critical Eleven itu.

Hamish pun aktif berkampanye untuk mengurangi pemakaian sedotan plastik. Dia mengajak Raisa untuk kampanye pemakaian sedotan yang lebih ramah lingkungan.

2. Nadine Chandrawinata

Mengawali karier di dunia hiburan melalui ajang Puteri Indonesia, Nadine Chandrawinata yang meraih gelar juara dan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006 ini kini lebih dikenal sebagai selebriti yang aktif mengkampanyekan penyelamatan bumi bukan hanya saat Hari Bumi. Nadine berkampanye melalui yayasan Sea Soldier yang didirikannya bersama rekannya sejak 2015.

[Gambas:Instagram]


Berbagai kegiatan dalam rangka menyelamatkan bumi telah dilakukan Nadine bersama Sea Soldier. Di antaranya aksi bersih-bersih sampah di Taman Suroboyo, bersih-bersih Ciliwung, kampanye anti sedotan plastik dan bersih-bersih di CFD hingga bersih-bersih pantai di Taman Nasional Bunaken.



3. Joe Taslim

Joe Taslim yang dikenal sebagai aktor laga aktif melakukan penyelamatan bumi khususnya hewan langka. Bintang film The Raid itu dinobatkan WWF Indonesia sebagai Tiger Warrior Sumatera atau duta harimau Sumatera.

Joe yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan merasa punya kewajiban melindungi populasi harimau Sumatera. Dia pun mengajak publik untuk ikut peduli agar hewan yang mulai langka itu tidak mengalami kepunahan.

[Gambas:Instagram]


"Dengan semakin banyaknya oknum-oknum yang melakukan perburuan dan perdagangan terhadap hewan yang dilindungi, maka akan mengurangi populasi hewan tersebut. Nah, apalagi harimau Sumatera termasuk salah satu hewan yang cuma ada di daerah kita, tidak ada di negara-negara lain," ucapnya.

4. Tasya Kamila

Begitu cintanya pada lingkungan, penyanyi Tasya Kamila sampai bercita-cita menjadi Menteri Lingkungan Hidup. Wujud kecintaannya pada lingkungan pun dibuktikannya melalui yayasan yang dirintisnya yaitu Green Movement Indonesia. Yayasan tersebut bertujuan untuk menyebarkan pendidikan tentang lingkungan hidup.

[Gambas:Instagram]


"Kalau hanya satu aksi tidak akan berpengaruh. Tapi aksi kolektif dari banyak orang pasti berdampak besar untuk lingkungan," jelasnya.

Selain melalui yayasan yang didirikannya, kepedulian Tasya pada lingkungan juga terlihat dari beberapakalinya dia terpilih sebagai Duta Lingkungan. Pada 2005 - 2006, mantan penyanyi cilik itu ditunjuk sebagai Duta Kementerian Lingkungan Hidup. Dan pada 2018, dia menjadi Duta Penanaman Pohon Tol Trans Jawa.

5. Nicholas Saputra

Nicholas Saputra dikenal sebagai aktor yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan peduli lingkungan, khususnya pelestarian hewan gajah. Bintang film Ada Apa Dengan Cinta? itu jatuh cinta pada gajah setelah mengunjungi kawasan Tangkahan, Sumatera Utara pada 2006. Pada akun Instagramnya, Nico kerap memamerkan foto gajah yang berada di Tangkahan.

[Gambas:Instagram]


Selain melindungi gajah, aksi penyelamatan bumi lainnya yang dilakukan Nico adalah dengan menerapkan konsep ramah lingkungan pada rumahnya. Kepada arsitek yang membangun rumahnya, aktor 35 tahun itu meminta dibuatkan konsep rumah yang meminimalisir penggunaan AC dan lampu.

"Sejak awal saya sudah berpesan kepada arsitek yang membangun agar saya hanya menggunakan AC ketika malam hari ketika tidur. Sedangkan untuk siang hari, saya tidak ingin menggunakan AC di ruang publik rumah kecuali jika memang kedatangan banyak tamu. Sedangkan untuk lampu, tentu saya menginginkan rumah yang hanya menggunakan pencahayaan minim pada siang hari dan bisa menggunakan pencahayaan dengan efisien saat malam," tuturnya panjang lebar.



Tonton juga video Intip Pesan Google Doodle di Hari Bumi:

[Gambas:Video 20detik]


Hari Bumi, 5 Artis Indonesia Ini Aktif Kampanyekan Cinta Lingkungan
(eny/eny)