Ini Persiapan Moderator Balques Manisang Jelang Debat Terakhir Pilpres 2019

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 13 Apr 2019 16:15 WIB
Foto: Dok. Pribadi Foto: Dok. Pribadi

Jakarta - Balques Manisang terpilih sebagai moderator debat terakhir Pilpres 2019 yang akan berlangsung pada Sabtu malam (13/4/2019). Balques pun mengaku telah melakukan berbagai persiapan agar acara yang dipandunya berjalan dengan baik.

Wanita yang mengawali kariernya sebagai jurnalis di TvOne ini mengungkapkan persiapannya jadi moderator debat yang terpenting adalah memohon doa pada kedua orangtuanya. Balques pun menambahkan menanamkan ke dirinya sendiri untuk selalu berpikiran positif sehingga acara yang dipandunya nanti bisa berjalan dengan baik.

"Aku cuma nanemin ke diri aku gini gimana caranya berpikiran selalu positif, jadi aku seneng. Karena kalau udah nggak senang, kita kerja udah kayak beban itu kan nggak enak," kata Balques saat ditemui Wolipop di Sekolah Komunikasi Sepikul, Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Presenter Fakta TvOne ini juga mempersiapkan debat Pilpres 2019 dengan melakukan perawatan diri. Menurut Balques, hal yang paling sederhana adalah menjaga makanan dan berolahraga.

"Pola makan dan masih tetep olahraga aku basket seminggu sekali atau dua kali, gimana caranya biar tetep olahraga biar kita tuh happy terus positif terus bugar juga," terangnya.

"Masalah jaga badan itu juga tidur sih kebetulan aku punya amandel ya jadi kalau nakal dikit bisa kelar, soalnya kan berkaitan dengan suara. Paling aku harus jauh-jauh sama ngerokok jadi kalau deket itu aku lumayan sensitif, terus air dingin juga aku hindari," imbuhnya.

Persiapan mental juga dilakukan oleh jurnalis berusia 33 tahun ini. Balques pun mengaku menanamkan ke diri sendiri bahwa dirinya hanyalah bagian kecil dari sejarah Pilpres 2019.

"Mau seperti apapun usaha yang kamu keluarkan untuk pekerjaan yang sebuah kehormatan ini ditanamkan saja bahwa kita tidak bisa memuaskan semua orang, dan semua pihak, jadi nggak usah mikir harus sempurna, yang penting harus diinget adalah adil aja sesuai dengan proporsi kita sendiri sebagai moderator," tutur Balques.
(agm/asf)