Pengakuan Miris Penyanyi yang Pernah Jadi Trainee untuk Jadi Idol Kpop

Hestianingsih - wolipop Rabu, 10 Apr 2019 19:37 WIB
Foto: Instagram/@maydoni Foto: Instagram/@maydoni

Jakarta - Perjalanan untuk menjadi seorang idol butuh waktu lama dan banyak pengorbanan, itu sudah bukan jadi rahasia lagi di industri hiburan Korea Selatan. Ada idol yang harus menjadi trainee selama bertahun-tahun sebelum debut sebagai artis, bahkan ada pula yang gagal meskipun telah menjalani latihan sekian lama.

Pengakuan seorang mantan trainee ini pun semakin menguak kenyataan kelam di balik popularitas para idol yang kini berada di puncak karirnya seperti BLACKPINK, Twice dan BTS.

Maydoni, adalah seorang penyanyi dan YouTuber yang seharusnya debut di bawah manajemen artis YG Entertainment. Namun persyaratan dari bos besar membuatnya urung bergabung lebih lama lagi dengan salah satu dari tiga manajemen raksasa Kpop itu.


Wanita 28 tahun ini bercerita bahwa ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya dengan menjadi trainee. Awalnya Maydoni bergabung dengan JYP Entertainment saat usianya masih 11 tahun.

Saat berada di bawah JYP, Maydoni menjadi trainee bersama Sunye, mantan personel girlband Wonder Girls dan Jo Kwon personel 2AM. Empat tahun bergabung dengan JYP, Maydoni pindah ke YG Entertainment.
Pengakuan Miris Penyanyi yang Pernah Jadi Trainee untuk Jadi Idol KpopFoto: Instagram/@maydoni

Empat tahun hanya berlatih dan berlatih, ia tak juga melihat tanda-tanda dirinya akan debut sebagai bintang Kpop. Ternyata penyebabnya karena penampilan fisiknya.

Maydoni mengungkapkan bahwa manajemen memintanya menurunkan berat badan dalam jumlah yang menurutnya tidak masuk akal.

"Aku disuruh menurunkan berat badan hingga menjadi 38 kilogram sebelum debut dan itu membuatku sangat stres," kata Maydoni, seperti dikutip dari Koreaboo.

Ia juga dilarang berdekatan dengan para trainee pria, karena sempat bertukar nomor telepon dengan personel BIGBANG kala itu. Menurut Maydoni, lingkungan sosial di YG sangat tidak sehat.

Dia bercerita bahwa para trainee di YG Enterainment dimotivasi untuk salin bersaing dan bermusuhan, bukannya berteman. Namun hingga saat ini pihak YG belum memberikan komentar terkait pengakuan Maydoni.
Pengakuan Miris Penyanyi yang Pernah Jadi Trainee untuk Jadi Idol KpopFoto: Instagram/@maydoni


Kini di usia 27 tahun, setelah lepas dari JYP dan YG, Maydoni debut di bawah manajemen Nega Network. Ia telah merilis beberapa judul lagu, salah satunya 'Mola-ing', dan aktif sebagai YouTuber.

Dia pun menyampaikan pesan kepada anak-anak muda agar berpikir lebih matang saat akan berkomitmen menjadi trainee manajemen artis. Jika salah langkah, ke depannya akan berbahaya bagi perkembangan mental.

"Kalian yang mau jadi trainee, aku harap kamu berdiskusi dengan orangtua dan membuat keputusan bijak," pungkasnya.
(hst/hst)