Tampilkan Model Plus Size di Iklan, Gilette Dikritik Promosikan Obesitas

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 09 Apr 2019 10:24 WIB
Foto: Dok. Gilette Foto: Dok. Gilette

Jakarta - Pilihan model Gilette kali ini menuai kontroversi dari para netizen. Untuk iklan terbaru Venus, Gilette menjadikan bintang plus size sebagai modelnya.

Adalah Anna O'Brien yang dijadikan model untuk iklan terbaru Gilette Venus. Influencer bertubuh plus size itu tampil dengan bikini dan tampak bersenang-senang di pantai.

"Go out there and slay the day," tulis Gilette dalam caption media sosialnya.

Tampilkan Model Plus Size di Iklan, Gilette Dikritik Promosikan ObesitasFoto: Dok. Gilette

Ternyata, banyak netizen yang mengkritik pemilihan model Gilette terbaru ini. Bentuk tubuh Anna yang gemuk memancing komentar negatif para netizen.

"99% yakin wanita di foto itu memakai anti-depressant. Aku punya beberapa orang terkasih yang obesitas. Aku membuat mereka nyaman dengan tubuhnya sendiri, tapi mari tidak mengagungkan obesitas. Itu TIDAK sehat. Mendukung tidak apa, tapi mendorong untuk itu adalah hal kejam," kata seorang netizen.

Netizen lain menceritakan kisahnya yang memiliki anggota keluarga obesitas. "Sangat menyedihkan melihat ibuku yang obesitas meninggal di usia 40 dan tidak bisa melihatku wisuda. Itu juga menyedihkan ketika aku punya berat badan 226 kilogram dan kesulitan berjalan. Aku sudah kehilangan 68 kilogram dan masih banyak yang harus dibuang. Menurutku iklan ini sangat menyindir. Sangat tidak sehat dan tidak membantu siapapun," ujar lainnya.

"Aku setuju. Aku juga kelebihan berat badan dan berusaha hidup sehat karena AKU TAHU dan AKU LIHAT betapa tidak sehatnya itu. Ketika aku lihat obesitas, bagiku itu tidak sehat dan hidup pendek," tambah yang lain.

Meski banyak dikritik karena dituduh mempromosikan hidup tidak sehat, namun banyak pula yang mendukung keputusan Gilette memakai Anna sebagai modelnya. Mereka mengatakan tak ada yang tahu sejarah kesehatan Anna.

"Apakah kalian dokter wanita ini? Dari mana kalian tahu dia tidak sehat. Apa ada sejarah kesehatan Anna di tweetnya? Bahkan jika ada..orang yang tidak sehat juga bisa bersenang-senang dan memakai apapun yang mereka inginkan. Kamu bisa melakukan apapun sambil membenahi kesehatanmu," ujar netizen.

Gilette pun ikut merespon pro dan kontra di media sosialnya tentang pilihan model itu.

"Venus berkomitmen untuk mewakili wanita cantik dari berbagai ukuran, bentuk, warna kulit karena SEMUA tipe kulit yang cantik layak ditunjukkan. Kami menyukai Anna karena ia hidup sepenuhnya dan mencintai kulitnya bagaimanapun 'aturannya' dia tetap menunjukkannya," tulis pernyataan resmi Gilette.

(asf/asf)