Ayahnya Hukum Mati LGBT, Instagram Pangeran Brunei Diserbu Pelangi

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 06 Apr 2019 10:35 WIB
Pangeran Abdul Mateen dari Brunei (Foto: Instagram/@tmski)
Bandar Seri Begawan - Pangeran Abdul Mateen terkena dampak dari kontroversi kebijakan baru Brunei Darussalam yang menghukum mati kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bi, dan Transgender). Kolom komentar Instagram-nya penuh dengan reaksi netizen yang pro dan kontra.

Kebanyakan dari netizen yang menentang kebijakan tersebut 'menyerbu' Instagram Pangeran Mateen dengan emoticon pelangi. Sudah sejak lama, pelangi dipakai sebagai simbol LGBT untuk melambangkan keberagaman.


[Gambas:Instagram]


Ada juga netizen yang mencoba mengintervensi putra dari Sultan Hassanal Bolkiah itu dengan nasihat. Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun bernama Kingy_tan ketika mengomentari salah satu unggahan terbaru Mateen. Di foto tersebut, sang pangeran ganteng berpose membelakangi kamera saat berada di sebuah lapangan polo di Thailand.

"Selamat siang Pangeran. Kamu ada di Thailan di mana ada toleransi untuk LGBT. Aku tidak tahu kegiatanmu atau seperti apa hubunganmu dengan ayahmu, tapi cobalah lakukan yang terbaik demi kemanusiaan. Zaman telah berubah dan kita harus menyesuaikannya. Tindakan barbar seperti merajam tidak sesuai lagi dengan kehidupan modern," tulis akun tersebut.


Ayahnya Hukum Mati LGBT, Instagram Pangeran Brunei Diserbu PelangiPangeran Abdul Mateen (Foto: instagram)

Terlepas dari serbuan 'pelangi' itu, tak sedikit pula yang memberi dukungan kepada Pangeran Mateen dan ayahnya. "Ayahandamu adalah contoh pemimpin yg terbaik ketika ini. Di zaman yg semakin tua dan menghampiri pengakhiran dunia ini, Tuanku telah melakukan yg terbaik. Sukar utk mencari seorang pemimpin seperti ini," ujar akun bernama @qinny_.

Hukuman untuk orang yang terbukti melakukan hubungan sesama jenis itu berlaku per 3 April kemarin. Dari kalangan selebriti, ada aktor George Clooney, Elton John, Ellen DeGeneres yang mengkritik peraturan tersebut. Bahkan muncul pula seruan untuk memboikot sejumlah hotel yang dimiliki oleh Sultan di beberapa negara.

Tonton 'Dituding Gay, Instagram Pangeran Brunei Dihujani Pelangi' di sini:
(dtg/dtg)