Perdana, Kontes Kecantikan Wanita dengan Bekas Luka Digelar di Inggris

Hestianingsih - wolipop Kamis, 21 Mar 2019 14:45 WIB
Rochelle Barrett foto bersama kontestan Miss Unique Beauty UK. Foto: Twitter/@barretterochelle Rochelle Barrett foto bersama kontestan Miss Unique Beauty UK. Foto: Twitter/@barretterochelle

Sheffield - Ketidaksempurnaan seharusnya tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk berprestasi. Selain itu, manusia mana di dunia ini yang benar-benar sempurna?

Berangkat dari pemikiran itu, Rochelle Barrett memprakarsai kontes kecantikan di mana para pesertanya memiliki kondisi tubuh berbeda dari orang kebanyakan, namun tetap bisa terlihat cantik dan percaya diri. Kontes bernama Miss Unique Beauty UK tersebut dikhususkan bagi para wanita dengan kecantikan yang berbeda.


"Kontes ini untuk para korban penyintas kebakaran, punya bekas luka, cacat dan kondisi lainnya yang jauh dari kontes kecantikan tradisional kebanyakan. Semua orang itu cantik dengan caranya sendiri dan kita harus merayakan perbedaan itu," kata Rochelle, seperti dikutip dari Daily Mail.

Misi wanita 30 tahun ini menggagas Miss Unique Beauty UK adalah untuk mengubah persepsi kebanyakan orang tentang definisi cantik. Saat ini dunia kecantikan dibombardir dengan gambar maupun foto wanita-wanita berkulit mulus, perawakan tinggi langsing dan warna kulit tertentu yang membentuk standar bahwa itulah artinya menjadi cantik. Namun menurutnya kecantikan tidak hanya dari fisik luar tapi juga kepribadian di dalamnya.
Perdana, Kontes Kecantikan Wanita dengan Bekas Luka Digelar di InggrisRochelle Barrett, penyelenggara Miss Unique Beauty UK. Foto: Twitter/@barretterochelle

Rochelle sendiri memiliki bekas luka akibat tersiram air mendidih saat usianya baru delapan bulan. Ia menderita luka bakar di 70 persen bagian tubuhnya, yang membuatnya jadi bahan olok-olok saat remaja.

Selalu minder saat remaja, wanita asal Sheffield, Inggris, ini justru tumbuh jadi wanita yang percaya diri. Keikutsertaannya dalam petunjukan tari membuatnya memberanikan diri ikut kontes kecantikan Miss Caribbean UK.


"Aku suka segala hal yang berhubungan dengan fashion dan kecantikan, jadi ketika di 2015, aku melihat kalau Miss Caribbean UK membuka pendaftaran, menurutku itu akan jadi suatu hal yang indah untuk dilakukan. Aku tidak tahu akan ada sesi bikini dan sejujurnya, aku tidak tahu apa aku bisa melakukannya. Tapi sudah sejauh ini jadi kupikir, kenapa tidak?" urai ibu dua anak ini.
Perdana, Kontes Kecantikan Wanita dengan Bekas Luka Digelar di InggrisRochelle Barrett dan kedua anaknya. Foto: Twitter/@barretterochelle

Keberanian dan kepercayaan diri Rochette membuahkan hasil. Meskipun tidak menjadi juara, ia memenangkan predikat Miss Personality di kontes tersebut. Dari situlah ia merasa perlu membuat kontes kecantikan sendiri untuk memberi kesempatan bagi wanita lain yang memiliki kondisi seperti dirinya, ikut merasakan pengalaman yang bisa mengubah hidup.

Kontes perdana Miss Unique Beauty UK akan diselenggarakan pada 30 Maret 2019.
(hst/hst)