Biar Sama-sama Enak, Ini 8 Etiket yang Perlu Kamu Tahu Saat Nonton Bioskop

Hestianingsih - wolipop Jumat, 15 Mar 2019 14:42 WIB
Ilustrasi orang nonton film di bioskop. Foto: iStock Ilustrasi orang nonton film di bioskop. Foto: iStock

Jakarta - Pengalaman menonton film di bioskop memang lebih mengasyikkan ketimbang lewat laptop ataupun smartphone di rumah. Tapi agar semua bisa nyaman menikmati film, ada beberapa etika yang harus diperhatikan saat berada di bioskop.

Etiket menonton film di bioskop bukan hanya harus diterapkan saat film diputar. Tapi juga saat memasuki dan keluar ruangan teater. Berikut ini delapan etiket nonton film di bioskop yang penting kamu ketahui sebagai moviegoers.

1. Datang Tepat Waktu
Datang tepat waktu tidak hanya akan mencegah kamu ketinggalan adegan di awal-awal film, tapi juga menghindari penonton lainnya merasa tidak nyaman. Masuklah ke bioskop maksimal lima menit sebelum film diputar karena kamu harus mencari nomor kursi, menaruh tas juga makanan di tempat yang telah disediakan.

Biar Sama-sama Enak, Ini 8 Etiket yang Perlu Kamu Tahu Saat Nonton BioskopFoto: iStock

2. Berbagi Sandaran Tangan di Kursi
Jika kamu tidak mengenal orang yang duduk si sebelahmu, memang agak sulit menentukan 'kepemilikan' sandaran tangan di kursi. Biasanya bioskop menyediakan setidaknya satu sandaran tangan dan tempat menaruh minum/makanan bagi masing-masing penonton.

Diane Gottsman, pakar etiket dari The Protocol School of Texas menyarankan untuk memerhatikan penonton di sampingmu ketika akan memakai sandaran tangan kursi. Jika dia memindahkan tangannya lebih dari beberapa menit, maka kamu bisa mengklaim sandaran kursi tersebut selama yang kamu mau.

3. Jangan Antre Terlalu Lama di Depan Kasir
Saat membeli camilan untuk dibawa ke bioskop, pastikan kamu sudah tahu menu apa yang akan dibeli. Baru berpikir ketika sudah berada di depan kasir akan membuat antrean semakin panjang dan lama. Seperti dikutip dari Reader's Digest, 30 detik adalah batas maksimal kamu memilih menu sebelum memesannya.


4. Penggunaan Smartphone
Menggunakan smartphone saat ruangan sudah gelap dan film telah dimulai akan sangat mengganggu orang-orang di sebelahmu. Jadi matikanlah atau pasang mode silent saat menonton di bioskop. Selain itu jangan pernah mengobrol di telepon saat menonton. Jika kamu harus menerima panggilan telepon karena sangat darurat, keluarlah sebentar dari teater.
Biar Sama-sama Enak, Ini 8 Etiket yang Perlu Kamu Tahu Saat Nonton BioskopFoto: iStock

5. Jangan Mengobrol
Mendengar suara orang mengobrol akan memecah konsentrasi saat menonton. Maka hindarilah mengobrol dengan temanmu sepanjang film, apalagi dengan suara yang keras.


6. Etiket Saat Keluar Bioskop untuk ke Toilet
Ada kalanya keinginan untuk buang air kecil muncul saat sedang asyik-asyiknya menonton film. Jika kamu tidak bisa menahan dan harus segera ke toilet, katakan 'permisi' atau 'maaf' ketika melewati kursi penonton lainnya. Merunduklah serendah mungkin agar tidak terlalu menghalangi pandangan penonton lainnya. Apabila kamu termasuk orang yang frekuensi buang air kecilnya termasuk sering, pilihlah kursi di samping koridor atau tangga agar lebih memudahkanmu keluar-masuk.

7. Jangan Meninggalkan Sampah
Anda mungkin menganggap tidak masalah meninggalkan sampah bekas makan dan minum di ruang teater. Toh, nanti ada staf yang membersihkannya. Tapi akan sangat bijak jika Anda mau membawa keluar sampah itu dan membuangnya sendiri ke tempat sampah, karena bisa membantu petugas kebersihan membereskan ruangan lebih cepat untuk digunakan kembali pada jadwal film berikutnya.

8. Jangan Spoiler!
Simpan dulu hasratmu untuk membicarakan akhir cerita film jika masih ada di area bioskop. Mungkin saja orang-orang yang berpapasan denganmu akan menonton film yang sama. Tentunya akan membuat kesal jika mereka sudah tahu jalan ceritanya karena mendengar kamu yang dengan antusias membicarakan film tersebut.

"Ingatlah orang-orang yang datang ke sana untuk menonton pertunjukan dan kamu tentunya jangan membocorkan adegan-adegan penting atau akhir ceritanya. Bicara pelan-pelan saja," kata Diane.


Biar Sama-sama Enak, Ini 8 Etiket yang Perlu Kamu Tahu Saat Nonton Bioskop

(hst/hst)