Pria Ini Pakai Baju Serba Kuning Selama 35 Tahun, Alasannya Bikin Haru

Nada Saffana - wolipop Sabtu, 19 Jan 2019 14:39 WIB
Yellowman from Aleppo. Foto: Dok. Xinhua Yellowman from Aleppo. Foto: Dok. Xinhua

Aleppo - Ini kisah unik seorang kakek berusia 68 tahun yang hanya mengenakan pakaian kuning selama 35 tahun. Di juluki sebagai 'Yellowman of Aleppo', Abou Zakkour berasal dari kota Aleppo, Suriah.

Dimulai sejak 25 Januari 1983, Abou Zakkour memutuskan hanya mengenakan busana berwarna kuning. Pria itu mengenakan segala sesuatu yang berwarna kuning, termasuk jas, dasi, kemeja, pakaian dalam, kaus kaki, sandal dan kacamata. Bahkan kopernya juga berwarna kuning.

Ketika Zakkour menemukan sesuatu yang tidak cocok dengan kepribadian 'Yellowman'-nya, ia tak segan untuk mengecat barang itu menjadi warna kuning. Zakkour menganggap warna kuning sebagai perwakilan cinta.

"Bagi saya, warna kuning melambangkan cinta dan ini sesuatu yang tidak pernah dilakukan siapa pun dan tidak ada yang betah. Saya percaya tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa memakai warna kuning selama 35 tahun, siang dan malam, di dalam dan di luar ruangan," ujar YZakkour kepada kantor berita China Xinhua.


Pria Ini Pakai Baju Serba Kuning Selama 35 Tahun, Alasannya Bikin HaruAbu Zakkour dijuluki Yellowman of Aleppo karena selalu berpakaian serba kuning. Foto: Facebook/Omar Asa Photographer

Zakkour menambahkan, "Ketika saya berjalan di jalan atau pergi ke tempat-tempat ramai, orang-orang akan tersenyum dan memotret saya. Banyak orang berhenti untuk berbicara kepada saya dan bercanda dengan saya dan saya pikir itulah namanya cinta."

Alasan Zakkour setia dengan warna kuning, karena saat mengenakan pakaian serba kuning, ia menjadi pusat perhatian di jalan hingga berkesempatan untuk diwawancara stasiun televisi. Hal itu menjadi pelipur lara bagi Zakkour setelah sang istri meninggal dunia dan putranya pergi ke luar Suriah.


"Mengenakan warna lain akan membuat saya merasa tidak nyaman dan aneh karena saya memakai kuning selama 35 tahun dan itu waktu yang lama. Saya bahkan tidak bisa memiliki warna yang berbeda di balik pakaian kuning saya," tambah Zakkour.

Hal unik lain berada dalam apartemen kecil miliknya di daerah Maari, Aleppo. Barang-barang dalam apartemen Zakkour, seperti taplak meja, seprai, hingga tempat sampah juga berwarna kuning.

'Yellowman of Aleppo' pun menjadi tokoh terkenal di kota Suriah. Zakkour mengatakan bahwa ia tidak akan pernah memakai selain warna kuning selama hidupnya. (hst/hst)