Gara-gara Anting, Penampilan Artis-artis Pria di China Ini Kena Sensor

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 18 Jan 2019 14:17 WIB
Foto: Instagram @7_luhan_m
Jakarta - Kini anting dan giwang bukan hanya milik wanita. Banyak pria yang juga memakai aksesori telinga. Apalagi untuk para pria yang bekerja di industri hiburan. Untuk tampil maksimal, banyak penyanyi hingga aktor pakai anting saat tampil di televisi atau streaming website. Namun karena anting, beberapa artis pria di China kena sensor.

Di media sosial China Weibo beredar sejumlah screencap artis-artis pria China. Sekilas tidak ada yang aneh dari gambar-gambar tersebut tapi jika Anda perhatian bagian telinga mereka tampak blur. Bukan karena salah pengambilan gambar, tampilan para selebriti Negeri Tiongkok itu memang sengaja disensor karena mereka memakai anting.

Gara-gara Anting, Penampilan Artis-artis Pria di China Ini Kena SensorFoto: Weibo
Para netizen pun mempertanyakan mengapa bagian telinga mereka sampai perlu disensor. Sebelumnya aktor-aktor China memang dikatakan telah dilarang memakai anting ketika tampil di televisi. Tak hanya anting, ternyata selebriti di sana juga diminta untuk tidak menunjukkan budaya Barat dengan tato, mewarnai rambut, hingga bertingkah seperti wanita ketika siaran.

Hal ini menjadi perbincangan setelah seorang blogger populer mengunggah foto-foto tersebut di akunnya. Sejumlah bintang China, seperti Jing Boran, Wang Linkai, dan Jin Junhyan terlihat dengan telinga yang diblur. Menurut China News, kini China memang telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak menampilkan pria pakai anting atau memperlihatkan dengan jelas aksesori tersebut.

Gara-gara Anting, Penampilan Artis-artis Pria di China Ini Kena SensorFoto: Weibo
Karena hal ini, banyak fans yang marah setelah mendengar kabar tersebut. Protes pun telah diutarakan dalam berbagai postingan di media sosial. Banyak dari mereka yang meminta penjelasan dari divisi pers, publikasi, radio, film, dan televisi China untuk masalah ini.

"Nantinya, semua artis wanita akan diminta untuk memakai rok untuk menutupi lutut mereka setelah semua artis pria diminta untuk membotaki kepala dan semua artis wanita berambut pendek," "Mengapa mereka tidak menghabiskan waktu untuk meningkatkan kualitas film dan aktor China dari pada fokus pada tampilan luar." "Aku terkejut dengan kebijakan ini. Aku tidak suka pria pakai anting tapi mengapa tindikan dilarang?" tulis para netizen.

Gara-gara Anting, Penampilan Artis-artis Pria di China Ini Kena SensorFoto: Weibo
Pemerintah China memang dikenal ketat dalam mengawasi anak mudanya agar tidak mengikuti arus budaya Barat. Di 2017, para artis pria juga dilarang untuk dikuncir dan seorang wanita diminta untuk memakai topi besar agar menutupi rambutnya yang dicat pink. Adapun seorang rapper populer yang ditarik dari program reality show karena menunjukkan budaya hip hop dan punya tato.

Gara-gara Anting, Penampilan Artis-artis Pria di China Ini Kena SensorArtis Pria China Disensor karena Rambut Dikuncir
Foto: Weibo
(ami/ami)