Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Des 2018 16:36 WIB
Foto: YouTube Foto: YouTube

Jakarta -

Menjelang akhir tahun, para YouTubers kembali menampilkan YouTube Rewind. Tahun ini, YouTubers Indonesia pun mengusung tema 'Rise' demi membangkitkan semangat persatuan. Telah dirilis 14 Desember 2018 lalu, video tersebut belakangan jadi viral.

Meski banyak diperbincangkan, sayangnya YouTube Rewind Indonesia 2018 mendapat sejumlah kritikan. Hingga artikel ini dibuat, video tersebut telah mendapat lebih dari 98 ribu dislike. Ada apa?

Seperti sebelumnya, YouTube Rewind Indonesia 2018 menampilkan rekapan tren dan kejadian viral yang hadir dalam video-video YouTube selama 2018. Beragam topik yang jadi perbincangan netizen pun dirangkum dalam video berdurasi sembilan menit itu, mulai dari tentang Bowo Alpenliebe hingga cover dance KPop. Sebanyak 84 YouTuber Indonesia pun dilibatkan dalam proyek besutan Ericko Lim dan Torrikabe tersebut.

Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi Foto: YouTube
Video dimulai dengan munculnya Ata Halilintar yang menggebrek rumah pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Setelahnya YouTube Rewind Indonesia seolah diantarkan oleh selebgram Tik Tok Bowo Alpenliebe. Kemudian beragam topik yang viral selama 2018 ditampilkan, mulai dari Dilan, cover dance boy band BTS, Deddy Corbuzier, Kiki Challenge, para gamers, hingga Asian Games.

Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi Foto: YouTube
Terakhir tampillah dua YouTuber terkenal, yakni Ria Ricis dan Raditya Dika yang seolah mengritik dan membahas soal absennya mereka dalam video tersebut. Lalu bergabung pula rapper Young Lex yang kemudian membahas mengenai pembuatan video Rewind tandingan.

Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi Foto: YouTube
Berbagai opini ditinggalkan para netizen mengenai video ini. Sayangnya banyak di antaranya adalah komentar kurang menyenangkan. Beberapa netizen mengritik ketidakhadiran para YouTuber senior seperti tahun lalu. Cukup banyak pula yang mengatakan jika video itu kurang memuat tren-tren yang terjadi selama 2018. Begitu juga dengan masalah editing. Meski begitu, memang banyak netizen memuji kerja para YouTuber untuk urusan grafik.

"Kalau boleh jujur masih kurang. Tapi sudah bolehlah dalam editing dan grafiknya," "Konsepnya keren. Idenya jenius. Tapi part perpindahan atau transisi nya kurang enak, sedikit nggak nyambung, karena narasi alur ceritanya belum maksimal," "Paling nggak, lebih oke ini daripada youtube rewind dunia," tulis para netizen di kolom komentar.

Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi Foto: YouTube
Selain Indonesia,YouTubeRewind 2018 global pun mendapat banyak kritikan. Video tersebut bahkan sudah mendapat 1,7jutadislike dalam 17 jamsetelahperilisan. Video yang juga melibatkan kanal Indonesia, seperti Gen Halilintar dan Skinnyindonesian24 tersebut dikatakan mengecewakan juga karena hilangnya banyak momen besar dalam rangkuman.
Banyak Dikritik, YouTube Rewind Indonesia 2018 Jadi Kontroversi Foto: YouTube

(ami/ami)