Laporan dari Bangkok

Kata Sonia Fergina Soal Finalis Transgender Pertama di Miss Universe 2018

Frieda Isyana - wolipop Selasa, 18 Des 2018 12:36 WIB
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Jakarta - Perhelatan Miss Universe 2018 ini mencetak sejarah dengan adanya kontestan transgender pertama yakni Angela Ponce yang berasal dari Spanyol. Pro dan kontra pun mewarnai mulai dari kemenangan Angela sebagai Miss Spain hingga malam grand final.

Bagi Sonia Fergina Citra, wakil Indonesia di Miss Universe 2018, keikutsertaan Angela Ponce ini sejalan dengan kampanye advokasinya Be Diverse Be Tolerant. Kampanye tersebut juga ia sampaikan di atas panggung saat lolos ke babak top 20.

Kata Sonia Fergina Soal Finalis Transgender Pertama di Miss Universe 2018Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Mengenai sosok Angela yang menjadi kontroversi, Sonia berpendapat semua orang memiliki hak untuk memilih ingin seperti apa hidup mereka. "Sebenernya tuh balik lagi ke masing-masing orang. ada yang setuju ada yang enggak. Kalau aku, ya aku orangnya terbuka, dan itu pilihan hidup dia. Jadi lebih ke kalau orang itu nyaman ya siapa kita kok harus mengatur hidup orang? Kan yang menjalani orang itu sendiri," ujar Puteri Indonesia 2018 asal Bangka-Belitung itu.

Selama menjalani karantina Miss Universe 2018, Sonia mengaku beberapakali berinteraksi dengan Angela Ponce. Dia pun melihat sosok wanita transgender tersebut supel dan baik hati.

"Kalau aku, jujur aja aku secara pribadi kalau lihat orang tuh dari karakternya bukan dari apakah dia transgender atau apa, tapi Angela itu sweet banget. Dia nggak bisa bahasa inggris, tapi lucu banget orangnya. Dan lebih feminin daripada femininnya cewek gitu. Dia nggak yang neko-neko gitu," tutur Sonia saat berbincang dengan Wolipop usai grand final Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/2018).

Pada grand final Miss Universe 2018, Angela Ponce tak berhasil lolos ke babak penyisihan top 20. Namun di tengah acara ada sesi penghormatan khusus untuknya sebagai seorang transgender pertama di ajang Miss Universe. Ia menyebut, "Aku tak perlu memenangkan Miss Universe, aku hanya perlu ada di sini."



Tonton juga 'Cool! Sonia Fergina Masuk 20 Besar Finalis Miss Universe 2018':

[Gambas:Video 20detik]




(frp/eny)