5 Negara dengan Perayaan Hari Ayah yang Unik

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 12 Nov 2018 18:03 WIB
Hari Ayah 2018 diperingati di Indonesia pada 12 November. Foto: Dok. iStock Hari Ayah 2018 diperingati di Indonesia pada 12 November. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Hari Ayah diperingati di Indonesia setiap tanggal 12 November. Sementara di negara lain, ada yang perayaan Hari Ayah digelar secara unik. Seperti apa?

Hari Ayah di Nepal
Peringatan Hari Ayah Nasional di Nepal digelar setiap tanggal 9 September. Hari Ayah di negara Asia Selatan ini dikenal sebagai Gokarna Aunsi. Pada hari tersebut biasanya anak laki-laki dan perempuan memberikan ayah mereka hadiah. Mereka juga mengikuti perayaan unik, salah satunya acara saling menatap antara ayah dan anak. Pada Hari Ayah biasanya juga digelar penghormatan untuk ayah yang sudah tiada.

Hari Ayah Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November.Hari Ayah Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Foto: Dok. iStock



Hari Ayah di Thailand
Hari Ayah di Thailand digelar setiap 5 Desember. Tanggal tersebut juga bertepatan dengan ulang tahun Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang kini sudah meninggal dunia. Pada Hari Ayah anak-anak dan cucu-cucu di Thailand memberikan keluarga laki-laki mereka bunga Canna yang dianggap sebagai bunga untuk laki-laki. Selain itu, anak-anak juga akan memakai baju kuning, warna yang sama dengan Bunga Canna, di saat Hari Ayah.

Hari Ayah di Jepang
Jepang merayakan Hari Ayah setiap tanggal 16 Juni, serupa dengan sebagian besar negara-negara di dunia. Hari Ayah di Jepang dirayakan sebagai hari makan seafood. Keluarga di Jepang akan memasak seafood dalam jumlah banyak di Hari Ayah. Mereka kemudian berkumpul untuk makan bersama.

Setiap negara memiliki perayaan Hari Ayah Internasional yang berbeda-beda.Setiap negara memiliki perayaan Hari Ayah Internasional yang berbeda-beda. Di Meksiko salah satunya dengan lomba marathon. Foto: Dok. iStock



Hari Ayah di Meksiko
Hari Ayah di Meksiko menjadi hari keluarga. Hari Ayah dirayakan setiap tanggal 16 Juni. Ada banyak lomba digelar di Hari Ayah. Salah satu yang paling terkenal adalah Carrera Día del Padre 21K Bosque de Tlalpan yaitu lomba marathon yang diikuti ayah dan anak.

Hari Ayah di Jerman
Jerman merayakan Hari Ayah setiap tanggal 30 Mei. Hari Ayah di Jerman juga dianggap sebagai 'Man's Day', sehingga pada hari tersebut para laki-laki berkumpul untuk melakukan aktivitas yang menantang. Salah satunya dengan mendorong truk yang berisi makanan sambil naik bukit.


(eny/eny)