Kematian Idol K-Pop Diejek, Majalah Spanyol Dikecam Penggemar

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 31 Okt 2018 08:04 WIB
Foto: Jonghyun/SM Entertainment Foto: Jonghyun/SM Entertainment

Jakarta - Sebuah majalah satir di Spanyol mendapatkan kemarahan penggemar K-Pop setelah dianggap mengejek kematian Jonghyun SHINee dalam sebuah komik. Tak sedikit dari mereka pun mengecam serta meminta majalah tersebut untuk ditutup.

El Jueves, merupakan sebuah majalah mingguan yang bermarkas di Barcelona. Majalah tersebut menerbitkan sebuah komik dalam bahasa Spanyol yang dilaporkan menggunakan kematian Jonghyun untuk mengomentari industri K-Pop.

Jonghyun Shinee ditemukan tewas setelah melakukan bunuh diriJonghyun Shinee ditemukan tewas setelah melakukan bunuh diri Foto: istimewa

Jonghyun sendiri ditemukan meninggal di apartemennya setelah mencoba bunuh diri. Kematian penyanyi berusia 27 tahun pada Desember tahun lalu jelas menghancurkan jutaan penggemarnya.

Komik pada majalah tersebut yang dianggap ofensif ini pun diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh pengguna Twitter @CintiaDero untuk menarik perhatian bagaimana El Jueves bercanda tentang topik-topik sensitif seperti kekerasan seksual, eksploitasi, depresi dan bunuh diri. Itu juga mengkritik anggota boyband Korea, dari gaya mereka, pertunjukkan, bahkan fandom mereka.

Majalah di Spanyol dikecam karena dianggap menghina kematian Jonghyun ShineeMajalah di Spanyol dikecam karena dianggap menghina kematian Jonghyun Shinee Foto: Twitter


"K-Pop penuh dengan kasus kekerasan seksual, eksploitasi, dan depresi di antara bintang-bintangnya. Pada 2017, seorang idol bunuh diri di usia 27 tahun setelah tak mampu mengatasi tekanan di industri," begitu tulisan di komik majalah El Jueves.

Kematian Idol K-Pop Diejek, Majalah Spanyol Dikecam PenggemarMajalah di Spanyol dikecam karena dianggap menghina kematian Jonghyun Shinee Foto: Twitter


Pengguna Twitter @CintiaDero juga menyoroti penggunaan komik dari kata "Pinypons" untuk menggambarkan Jonghyun dan artis K-pop lainnya. Pinypons sendiri sebenarnya mengacu pada mainan boneka plastik, berambut warna-warni, diproduksi secara massal, dan rambutnya bisa diganti.



Kematian Idol K-Pop Diejek, Majalah Spanyol Dikecam PenggemarMajalah di Spanyol dikecam karena dianggap menghina kematian Jonghyun Shinee Foto: Twitter


"Saya tidak terima! Mereka sangat jahat menjadikan kematian orang lain sebagai olok-olokan," komentar netizen.

Sebuah petisi untuk menutup majalah tersebut pun dicanangkan oleh penggemar. Sejauh ini telah menghasilkan lebih dari 22.000 tanda tangan dan menyetujui majalah itu ditutup.




Tonton juga 'Lagu 'Moon' Jonghyun SHINee akan Dikirim ke Bulan':

[Gambas:Video 20detik]

(agm/eny)