Pakai Kaos Gambar Bom Atom di Jepang, Idola K-Pop Ini Picu Kontroversi

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 21 Okt 2018 16:30 WIB
Foto: Dok. Instagram/Jimin Foto: Dok. Instagram/Jimin

Jakarta - Kepopuleran grup vokal asal Korea Selatan BTS tentu tak diragukan lagi. Bahkan BTS terpilih jadi sampul internasional majalah Time yang memperlihatkan 'Pemimpin Generasi Mendatang'.

Namun, belum lama ini kontroversi telah muncul setelah salah satu personil BTS, Jimin terlihat mengenakan kaos yang bertuliskan teks berulang 'Patriotism our history liberation Korea'. Kaos berwarna putih yang dikenakan Jimin inj juga disisipkan gambar dari bom atom yang menghancurkan Hiroshima pada akhir Perang Dunia II.

Menurut SoraNews24, foto itu diklaim telah diambil pada Agustus tahun lalu, umumnya dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan Nasional Korea. Tapi, seorang netizen Jepang baru-baru ini mengunggah kaos yang dikenakan Jimin tersebut yang dianggap menghina Jepang dan jadi viral.

Pakai Kaos Gambar Bom Atom di Jepang, Idola K-Pop Ini Picu KontroversiFoto: Dok. Twitter

Kaos putih yang dikenakan penyanyi berusia 23 tahun ini berasal dari merek bernama Outhistory, brand Korea yang menciptakan street fashion dan terkadang menggabungkan citra dengan kebanggaan nasional. Beberapa netizen pun mengkritik dan menyayangkan tindakan Jimin yang secara tidak langsung melecehkan sejarah Jepang.

"Sejujurnya saya tidak tahu bagaimana perasaan tentang ini. Ya memakai gambar ikonik tentang bom tidak terlihat bagus, kebanyakan warga sipil Jepang dirugikan oleh tindakan itu," komentar netizen.
Pakai Kaos Gambar Bom Atom di Jepang, Idola K-Pop Ini Picu KontroversiFoto: Dok. Instagram/Jimin

"Merayakan kebebasan negara kamu boleh-boleh saja, tetapi mereka seharusnya tidak merayakan bom atom itu," tambah Emma Lee, netizen lainnya.
(agm/asf)