Berjenggot Saat Nikah, Pangeran Harry Dobrak Tradisi Royal Wedding

Hestianingsih - wolipop Selasa, 22 Mei 2018 17:20 WIB
Pangeran Harry tak cukur jenggot saat menikahi Meghan Markle. Foto: Jonathan Brady - WPA Pool/Getty Images
Windsor - Pangeran Harry tampil gagah dengan seragam militer frock coat saat menikahi Meghan Markle di St. George's Chapel, Kastil Windsor, Windsor, Sabtu (19/5/2018). Namun ada hal lain dari penampilannya yang sempat jadi perhatian publik.

Alih-alih berwajah licin, Pangeran Harry tampil dengan jenggot menghiasi wajahnya. Ia tampak tak bercukur untuk hari istimewanya itu dan membiarkan jenggot serta kumis tipisnya tumbuh.

Penampilanya itu melenceng dari prediksi banyak orang yang menyangka dirinya akan mencukur jenggotnya. Hal itu karena latar belakang Pangeran Harry yang pernah berada di kemiliteran.

Tak bercukur, Pangeran Harry menjadi keluarga Kerajaan Inggris pertama yang menikah dengan mempertahankan jenggot dan kumisnya dalam 125 tahun. Berdasarkan data yang dilansir Aol.com, anggota kerajaan terakhir yang menikah tanpa bercukur adalah Raja George V, yang tidak lain adalah kakek dari Ratu Elizabeth.
Berjenggot Saat Nikah, Pangeran Harry Dobrak Tradisi Royal WeddingPernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Windsor Castle, Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). Foto: Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Raja George V menikahi Mary of Teck pda 1893. Dari foto resmi pernikahan yang beredar, tampak Raja George memelihara jenggot serta kumis tebalnya.

Pangeran Harry yang kini bergelar Duke of Sussex sebelumnya telah mendapatkan izin khusus dari Ratu Elizabeth untuk tetap berjenggot dan mengenakan seragam militernya saat menikah. Hal ini berarti, Pangeran Harry telah memutus mata rantai tradisi pernikahan keluarga kerajaan selama puluhan tahun.

Baca Juga: Inilah 7 Perbedaan Pernikahan Pangeran Harry dan William

Pada 2011, Pangeran William menikahi Kate Middleton dalam seragam kerajaan warna merah. Wajahnya tampak licin dan bersih dari jenggot dan kumis.

Begitu pun Pangeran Charles, ayah mereka, yang juga berpenampilan klimis dan jenggot dan kumis saat menikah dengan Putri Diana pada 1981.
Berjenggot Saat Nikah, Pangeran Harry Dobrak Tradisi Royal WeddingPernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011. Foto: Getty Images

Pangeran Harry pun disebut telah mendobrak tradisi yang dipertahankan Kerajaan Inggris saat Royal Wedding. Namun tampaknya tak ada yang terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Pria 33 tahun ini justru mendapat pujian dari netizen karena berani menjadi dirinya sendiri saat menikah.

Baca Juga: 10 Hal Lucu yang Viral di Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

"Harry still has his beard AND is wearing his military uniform! I love that he is being himself on his big day!," tulis peresenter dan fashion designer asal Amerika Serikat Randy Fenoli lewat akun Twitter-nya.

"Harry in that uniform and beard #RoyalWedding," komentar netizen dengan akun MeagJensenn.

Netizen lain menambahkan, "I'm so glad Harry didn't shave his beard. #RoyalWedding". (hst/hst)