Jadi Kontroversi, Boneka Barbie Berkulit Gelap Dikritik karena Model Rambut

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 03 Mei 2018 09:37 WIB
Foto: Dok. Instagram/Barbie Style
Jakarta - Boneka Barbie telah bertransformasi menjadi lebih realistis sekarang ini. Tidak lagi dengan sosok kurus, rambut pirang seperti yang dikenalkan tahun 1950-an. Tapi kini merepresentasikan berbagai bentuk tubuh juga warna kulit.

Walau sudah mengarah ke tujuan yang baik, tapi baru-baru ini Mattel dikritik. Alasannya? Gaya rambut si boneka.

Di Instagram Barbie Style, Barbie sedang bersama dua temannya. Salah satunya adalah boneka berkulit gelap dengan gaya rambut cornrow dan sebelahnya rambut pirang keriting.

"Movie night with my girls to watch the @Hulu premiere of the new @Barbie documentary," tulis captionnya.

Orang-orang pun cepat berkomentar untuk foto itu. Kebanyakan merasa gaya rambut berbeda sebelah itu sangat buruk dan tidak menggambarkan gaya wanita berkulit gelap.

"Ide siapa yang mendandani rambut Barbie seperti itu. Banyak sekali wanita kulit hitam yang cantik di industri ini, dan kau tidak bisa menemukan SATU sebagai inspirasi? Kamu harus segera mengganti rambutnya dan mulai lagi dari awal SECEPATNYA!" ujar seorang netizen.

Ada pula yang berusaha netral melihat gaya Barbie ini, walaupun lebih banyak yang menyatakan itu gaya rambut yang buruk. "Mungkin sebagian wanita kulit hitam memiliki rambut seperti itu, tapi itu tidak menggambarkan mayoritas," katanya.

"Barbie memiliki boneka yang mewakili berbagai tipikal wanita. Kamu bertingkah seperti tidak pernah lihat wanita kulit hitam mendandani rambut mereka dengan kepangan di samping dan lainnya bergelombang atau keriting di sisi lain. Mereka tidak serta merta mengambil gaya rambut itu dari langit," ungkap komentar lain menanggapi. (asf/asf)