Behati Prinsloo Di-bully Netizen Gara-gara Posting Foto Memompa ASI

Hestianingsih - wolipop Senin, 23 Apr 2018 17:04 WIB
Behati Prinsloo. Foto: Neilson Barnard/GettyImages
California - Behati Prinsloo jadi target kritik netizen gara-gara postingannya di Instagram. Baru-baru ini, istri Adam Levine itu pamer foto dirinya yang sedang pumping ASI di tengah ramainya konser Coachella.

Memakai kaus putih dan celana hitam, ia tampak tersenyum sambil memperlihatkan alat pumping yang menempel pada payudaranya. Terlihat pula ASI dalam botol hasil pompa.

Sepintas tak ada yang salah dari postingan foto tersebut. Namun netizen mempermasalahkan tagar yang ia tulis pada caption. Tagar itu bertulisan #pumpanddump.

Tagar yang dimaksud Behati Prinsloo adalah 'pumping and dumping', istilah yang digunakan ketika seorang ibu memompa ASI, tapi kemudian dibuang. Biasanya membuang ASI hasil pompa dilakukan karena berbagai alasan.

Pada kasus Behati Prinsloo, diduga ia memompa ASI lalu membuang air susunya sendiri karena ia telah minum alkohol di festival musik tersebut. Ada kekhawatiran alkohol akan bercampur dengan ASI sehingga tidak cukup baik bagi bayinya yang baru lahir.

Baca Juga: Behati Prinsloo Tak Sabar Kembali ke Victoria's Secret Pasca Melahirkan

Namun tindakan model berusia 28 tahun itu mendapat kritikan netizen. Para netizen berkomentar kalau Behati tidak perlu melakukan itu karena sama saja dengan membuang-buang makanan untuk bayinya sendiri.

#pumpanddump

A post shared by Behati Prinsloo Levine (@behatiprinsloo) on



"Menjijikan... ibu macam apa yang memompa ASI lalu membuangnya?? Cuma supaya kamu bisa minum alkohol??" komentar netizen.

"Tidakkkk. Sayang banget susunya. Kamu nggak harus memompa lalu membuangnya! Tolong cari tahu dulu tentang itu," tulis netizen lainnya.

Ada pula netizen yang berkomentar, "ASI-nya nggak harus dibuang! Jangan menyia-nyiakan cairan emas itu! Sangat kecil kandungan alkohol yang masuk ke ASI. Ayo mama menyusui!"

"Kenapa harus dibuang?! Hampir semua obat itu aman, dan selama kamu bukan pecandu alkohol, ASI-mu bagus!!!" tambah netizen lagi.

Kasus memompa dan membuang ASI setelah sang ibu minum alkohol memang masih jadi perdebatan di dunia kesehatan bayi dan anak. Ada pendapat yang dipercaya direkomendasikan oleh dokter, bahwa kandungan alkohol bisa masuk ke ASI dan ikut diminum bayi.

Baca Juga: Behati Prinsloo Lahirkan Seorang Putri Cantik, Siapa Namanya?

Namun sejumlah penelitian ilmiah membuktikan kalau itu hanya mitos. Seperti dikutip dari Telegraph, studi yang dipublikasikan oleh situs National Health Service, menunjukkan bahwa mengonsumsi satu atau dua unit alkohol sekali atau dua kali seminggu tidak berbahaya bagi bayi.

Satu unit alkohol berarti 25 ml spirits (sejenis minuman beralkohol), setengah liter bir, atau 125 ml wine. Namun itu kembali lagi tergantung kadar alkohol setiap minuman.

"Tapi kalau ingin lebih aman memang sebaiknya wanita yang sedang menyusui menghindari alkohol," tulis hasil penelitian. (hst/hst)