Kalahkan Finalis Indonesia, Transgender Ini Jadi yang Tercantik di Dunia

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 12 Mar 2018 13:27 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Di tengah perdebatan pro dan kontra transgender, Thailand jadi salah satu negara yang mendukung transgender dan mengadakan Miss Intenational Queen. Ajang kontes kecantikan untuk transgender itu baru saja dihelat pada Jumat (9/3/2018). Lalu, siapakah pemenangnya?

Nguyen Huong Giang dari Vietnam dinobatkan sebagai Miss International Queen 2018. Pada salah satu kontes kecantikan top dunia untuk wanita transgender itu, Nguyen berhasil mengalahkan 27 pesaing lainnya dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang diwakili oleh Dinda Syarief.

Meskipun Dinda Syarief harus rela dikalahkan oleh Nguyen Huong Giang di kontes Miss International Queen 2018, wanita 21 tahun itu berhasil meraih penghargaan sebagai kostum nasional terbaik di ajang yang diselenggarakan di Pattaya.

Nguyen Huong Miss International Queen 2018Nguyen Huong Miss International Queen 2018 Foto: Instagram


Baca Juga : Transgender Indonesia Menang Kostum Terbaik di Miss International Queen

Nguyen, wanita transgender berusia 27 tahun ini terlihat cantik mengenakan gaun merah. Kontes kecantikan yang telah berlangsung sejak 2004 itu, Nguyen sukses mengenakan mahkotanya dan dinobatkan sebagai wanita transgender tercantik di dunia setelah menangkis pesaingnya dari negara-negara yang mencakup Mongolia hingga Meksiko.

Melansir SBS, kontestan Miss International Queen 2018 mengatakan bahwa kontes tesebut juga menawarkan kesempatan untuk persahabatan antara wanita transgender yang berasal dari latar belakang yang berbeda namun memiliki cerita diskriminasi serupa di daerah asalnya.

Nguyen Huong Miss International Queen 2018 bersama runner up 1 dan 2Nguyen Huong Miss International Queen 2018 bersama runner up 1 Jacqueline dan Runner up 2 Rinrada Thurapan. Foto: Instagram


Baca Juga : Transgender Ini Operasi Plastik Hingga Rp 1 Miliar Agar Mirip Kylie Jenner

"Ini adalah pengalaman internasional pertama saya yang datang ke kontes dimana menjadi perhatian besar bagi semua saudari trans saya di seluruh dunia," ungkap Nitasha Biswas kontestan dari India kepada AFP.

Tahun lalu, Jiratchaya Sirimongkolnawin dari Thailand berhasil meraih gelar Miss International Queen 2017. Kali ini, Nguyen Huong Giang berhasil jadi juara Miss International Queen 2018, kontes kecantikan untuk wanita transgender yang telah digelar ke-13 kalinya. Selain itu, posisi Runner up pertama dimenangkan oleh kontestan dari Australia, Jacqueline. Dan Runner up kedua Miss International Queen 2018 diraih kontestan Thailand Rinrada Thurapan. (agm/agm)