Natalie Portman Curhat Digaji 3x Lebih Kecil, Ini Kata Ashton Kutcher

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Jan 2017 10:14 WIB
Foto: Nicholas Hunt Foto: Nicholas Hunt

Jakarta - Natalie Portman sempat mengungkapkan kekesalannya dibayar tiga kali lebih rendah dari Ashton Kutcher, lawan mainnya dalam film "No Strings Attached". Menurut Natalie, hal ini semakin menguatkan adanya kesenjangan penghasilan antara pria dan wanita di industri Hollywood.

Menjadi seseorang yang disebut-sebut dalam persoalan kesetaraan gender ini, Ashton Kutcher pun angkat bicara. Bukan kekesalan yang dirasakan Ashton, melainkan rasa kagum terhadap aktris peraih Piala Oscar tersebut.

Ashton memuji sikap Natalie yang berani berbicara lantang tentang adanya 'gap' antara pria dan wanita dalam industri perfilman, khususnya Hollywood. Pujian itu ia sampaikan lewat akun Twitter resminya.

Foto: Getty Images

"Sangat bangga dengan Natalie dan semua wanita di dunia yang berani bicara untuk mengakhiri pembayaran berdasarkan gender ini!" tulisnya di Twitter.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara dengan majalah Marie Claire, wanita yang sedang hamil anak kedua ini mengatakan bahwa Ashton mendapat bayaran tiga kali lebih tinggi dibandingkan dirinya. "Ashton Kutcher dibayar tiga kali lebih banyak dari ku untuk No Strings Attached. Aku tahu dan aku mengikutinya karena ada yang dinamakan 'quote' di Hollywood," kata Natalie.

'Quote' yang dimaksud Natalie adalah bayaran paling tinggi yang didapatkan seorang aktor. Sepertinya sejak awal 'quote' Ashton memang sudah lebih besar sehingga wanita 35 tahun tersebut tidak terlalu marah.

"Bayarannya sudah tiga kali lebih besar dariku jadi mereka bilang dia memang seharusnya mendapat tiga kali lebih besar. Aku tidak kesal seperti yang seharusnya. Aku pikir, kami dapat bayaran tinggi, jadi sulit untuk mengeluh tapi kesenjangannya memang gila," kata bintang film "The Black Swan" ini.
Foto: Dok. Gettyimages

Walau begitu, Natalie tetap merasa kesenjangan tidak seharusnya terjadi. Menurutnya, masalah selisih gaji ini lebih banyak terjadi di Hollywood dibandingkan industri lain.

"Dibandingkan dengan pria di banyak profesi, wanita menghasilkan 80 sen dari satu dollar (bayaran pria). Di Hollywood, kami menghasilkan 30 sen untuk satu dollar," tuturnya.

Sebelumnya Jennifer Lawrence dan Charlize Theron juga diketahui pernah mendapat upah lebih kecil dari pada lawan main pria mereka. Padahal keduanya adalah aktris berbakat dan sama-sama bertugas sebagai peran utama.
(hst/hst)