Sofia Vergara Digugat oleh Embrionya Sendiri

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 08 Des 2016 10:23 WIB
Foto: Getty Images
Los Angeles - Gugatan hukum ini bisa jadi paling aneh yang pernah dialami aktris Sofia Vergara. Sofia dituntut oleh embrio bekunya sendiri yang disimpan di sebuah rumah sakit. Apa penyebabnya?

Mirror melaporkan, embrio beku Sofia itu bahkan punya nama ketika mengajukan tuntutan hukum ke pengadilan Louisiana, Amerika Serikat pada Selasa (6/12/2016). Keduanya menyebut diri mereka sebagai Emma dan Isabella. Ada juga nama James Carbonnet yang disebut sebagai wali dari embrio tersebut.

Dalam gugatannya, dua embrio tersebut menyebutkan bahwa hak mereka untuk berkembang telah dirampas karena Sofia ingin menghancurkan mereka. Tuntutan itu juga meminta agar embrio beku tersebut diberikan kepada mantan tunangan bintang Modern Family itu, Nick Loeb, sehingga mereka bisa dilahirkan.

Saat masih bersama, Sofia dan Nick memang pernah berusaha untuk memiliki momongan melalui metode bayi tabung. Dalam prosedur tersebut, wanita asal Kolombia itu pun memberikan sel telurnya untuk dibuahi di luar kandungan. Dari prosedur tersebut dua embrio berhasil didapat.

Namun ketika usaha bayi tabung itu sudah memperlihatkan hasilnya, hubungan Sofia dan Nick malah berakhir. Dua embrio yang sudah jadi itu pun batal ditaruh di dalam rahim pengganti (surrogate).

Nick sendiri pernah mengajukan tuntutan untuk mendapatkan hak embrio tersebut ketika Sofia berencana menghancurkannya. Nick mengajukan tuntutan ke pengadilan California, Amerika Serikat, pada Agustus 2014. Pria yang berprofesi sebagai pebisnis itu ingin memastikan bahwa embrio tersebut baik-baik saja, tidak dihancurkan oleh Sofia. Tuntutan yang sama diajukan ulang oleh pria tersebut pada 1 April 2015.

Setelah dua tuntutan yang diajukannya tidak mendapatkan hasil, pengacara Sofia, Fred Silberberg saat dimintai konfirmasinya terkait gugatan dari embrio ini mengatakan gugatan hukum tersebut hanya akal-akalan Nick semata. "Mr. Loeb membuat gugatan yang diklaimnya datang dari embrio, yang sebenarnya bukan embrio, tapi hanya sel telur yang dibekukan, sehingga mereka punya hak untuk hidup," kata Fred seperti dikutip Us Magazine.

Fred menegaskan Sofia tidak ingin terus menghadapi gugatan yang sebenarnya tidak perlu ada ini. Apalagi saat ini dia sudah hidup bahagia dengan suaminya, aktor Joe Manganiello.

Hubungan cinta Sofia dan Nick pernah terjadi setelah keduanya bertemu dalam pesta penghargaan film Golden Globes pada 2008. Mereka kemudian bertunangan pada 2010, setelah sebelumnya sempat menjalani hubungan cinta putus-sambung. Namun pada Mei 2014, pertunangan tersebut berakhir.

(eny/eny)