Amy Schumer Selebriti Paling Berbahaya di Dunia Maya

Hestianingsih - wolipop Jumat, 30 Sep 2016 17:01 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Amy Schumer dikenal sebagai salah satu komedian wanita tersukses. Celotehannya kerap membuat orang tergelak, ia pun sukses memproduksi film komedi yang berhasil meraih nominasi Golden Globe Awards untuk Best Actress.

Menghibur di dunia nyata, Amy ternyata jadi salah satu selebriti paling berbahaya di dunia maya. Wanita 35 tahun ini berada di urutan pertama sebagai selebriti yang namanya paling berbahaya dalam pencarian online.

Studi yang dilakukan Intel Security mencatat daftar musisi, bintang televisi dan film yang namanya telah dibajak untuk menarik para pengguna internet membuka situs mengandung malware. Selain Amy, selebriti lain yang namanya banyak dicatut adalah Justin Bieber, presenter Carson Daly, Will Smith dan Rihanna.

Hacker menggunakan berita-berita selebriti dengan judul bombastis agar pengguna tertarik mengunjungi situs tersebut. Begitu di-klik, URL bisa men-download virus ke komputer dan mencuri password atau informasi pribadi.

"Keinginan pengguna untuk tetap up to date gosip selebriti terbaru seringkali bisa membuat mereka rentan jadi korban cybercrime," ujar Nick Viney, consumer vice president Intel Security, seperti dikutip dari Daily Mail.

Nick menambahkan, masih perlu banyak usaha untuk membantu pengguna internet agar memahami ancaman dunia maya dan tindakan pencegahan yang perlu dilakukan untuk memastikan data mereka aman ketika mencari berita tentang selebriti.

Penelitian Intel Security menunjukkan, pencarian dengan nama Amy Schumer membawa sedikitnya 16 persen kemungkinan pengguna meng-klik situs mengandung virus atau malware. Sementara pencarian nama Justin Bieber membawa 15 persen risiko pengguna membuka situs yang berisi malware.

Seringkali situs-situs tersebut menyamar sebagai sumber berita terpercaya tapi sebenarnya menarik pengguna ke situs yang men-download malware. Risikonya meningkat bagi mereka yang mencari download video atau musik gratis yang dibintangi atau menampilkan selebriti tersebut. Misalnya saja pencarian Torrent untuk film atau serial Amy Schumer meningkatkan risiko hingga 33 persen.

Daftar selebriti yang berbahaya di dunia maya, didapat setelah Intel Security mengumpulkan data lewat mesin pecarian Google, Bing dan Yahoo! (hst/hst)