Parodikan Orang India, Ashton Kutcher Dianggap Rasis

- wolipop Kamis, 03 Mei 2012 13:07 WIB
ist.
Jakarta - Ashton Kutcher menjadi bintang iklan makanan ringan popchips. Dalam iklan tersebut, ia dituntut memerankan berbagai karakter. Namun iklan tersebut menimbulkan kritik saat mantan suami Demi Moore itu meniru gaya produser Bollywood.

Wajah Ashton yang dibuat lebih cokelat dan bicara dengan aksen India dianggap rasis. Kritikan itu datang dari salah satu pengguna Twitter yang mengatakan, "Hey, terlepas dari membantu @aplusk jadi lebih kaya, bisakah kamu memberitahunya kalau iklan rasis itu tidak keren? Terima kasih!"

Grup rap Das Racist juga menyatakan kekecewaannya di jejaring sosial, menggugah para followernya untuk melayangkan komplain ke popchips. Pihak popchips pun menanggapi kritik yang datang kepadanya.

"Iklan terbaru popchips menampilkan empat karakter hanya untuk lucu-lucuan dan tidak pernah bermaksud memunculkan stereotip atau menyinggung seseorang," ujar juru bicara popchips, seperti dilansir NY Daily News.

Dia menambahkan, "Popchips menerima semua bentuk, rasa dan warna, dan menghargai semua pencinta snack kami, tidak peduli mereka dari ras atau suku mana. Kami harap orang bisa menikmati semangat yang ingin disampaikan."

Dalam iklan tersebut, Ashton meniru empat toko ternama dunia, salah satunya desainer Karl Lagerfeld.

(hst/hst)