Jodie Foster Bantu Danai Proyek Pencarian Alien

- wolipop Kamis, 18 Agu 2011 13:41 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Keberadaan makhluk luar angkasa, atau yang disebut dengan alien masih jadi misteri hingga kini. Banyak yang menyebut itu hanya mitos, tapi tak sedikit juga yang percaya adanya makhluk asing ini. Aktris Jodie Foster, termasuk salah satu orang yang meyakininya.

Demi membuktikan kalau alien itu benar-benar nyata, bintang film 'Panic Room' ini memberikan donasi untuk membiayai Search of Extraterrestrial Intelligence (SETI) yang dilakukan sebuah institut di California. Sebelumnya, proyek ini didanai pemerintah federal Amerika Serikat dan California, namun bujetnya telah dihentikan.

SETI bertugas memonitor transmisi radio untuk mencoba menangkap transmisi dari planet lain, menggunakan Allen Telescope Array (ATA) --alat menyerupai antena-- yang berfungsi sebagai teleskop radio. Tapi alat tersebut kini tidak berfungsi karena penghentian aliran dana.

Untuk mengaktifkannya kembali, perlu dialirkan kucuran dana sebesar $200 ribu atau sekitar Rp 1,7 miliar. Kini, proyek pencarian alien bisa terealisasi kembali berkat sumbangan uang dari 2.557 donatur, dan Jodie termasuk salah satunya.

"The Allen Telescope Array bisa mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta, tapi hanya jika dia diaktifkan untuk pencarian di langit," tulis Jodie dalam website resmi SETI, seperti dikutip dari Contact Music.

Pendiri SETI Tom Pierson, memuji kesediaan aktris berusia 48 tahun itu dan pendonor lainnya karen telah menyelamatkan organisasi tersebut. Meskipun telah terkumpul dana lebih dari bujet yang dibutuhkan, Tom mengungkapkan pihaknya masih menggalang dana sekitar $5 juta atau Rp 42,5 miliar agar proyeknya bisa terus berjalan hingga dua tahun ke depan.

"Kami sangat berterima kasih pada semua donatur. Kami yakin akan bisa beroperasi kembali September mendatang," ujar Tom.

(hst/hst)