Manfaat Seledri untuk Rambut, Cegah Ketombe dan Rontok

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 05 Mar 2020 05:30 WIB
ilustrasi jus timun selederi Manfaat seledri untuk rambut. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Seledri menjadi salah satu sayuran yang tinggi kandungan gizi. Isinya ada magnesium, kalium dan vitamin A, B, C dan K. Selain bermanfaat untuk kesehatan, seledri juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut.

Seledri bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Sayuran berwarna hijau ini tinggi fitonuterien yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Memiliki rasa dan aroma yang khas dan menyengat. Seledri lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Batang seledri yang berukuran sekitar 17 cm ini mengandung 12 Kkal dan 1,2 gram serat.

Berikut ini beberapa khasiat batang dan daun seledri untuk rambut:

1. Menyuburkan Rambut

Manfaat seledri untuk rambut.Manfaat seledri untuk rambut. Foto: iStock

Jus seledri dapat membantu memperkuat rambut karena mengandung air dan vitamin A. Keduanya sama-sama baik untuk kesehatan rambut. Jus seledri juga membuat kulit kepala kita tetap terhidrasi dan menyumbuhkan ketombe dan memberi nutrisi pada akar dan helai rambut.

Selain membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Jus seledri juga dapat meningkatkan tekstur rambut kita.

2. Cegah Rambut Rontok

Manfaat seledri untuk rambut.Manfaat seledri untuk rambut. Foto: iStock

Salah satu cara mengatasi kerontokan rambut bisa dengan bantuan seledri. Caranya adalah dengan mencampurkan seledri dengan teh hijau. Pertama-tama, siapkan handuk yang sudah direndam dengan air lemon. Gunakan handuk untuk menutupi rambut.

Teteskan air seduhan seledri dan teh hijau. Pijat dengan lembut rambut dan kulit kepala selama 10 menit, tutup dengan handuk dan bilas dengan air bersih.

3. Rambut Berkilau

Manfaat daun seledri.Manfaat seledri untuk rambut. Foto: iStock

Setelah dicat biasanya rambut terlihat lebih kusam dan cenderung kering. Kamu bisa mengembalikan kilau rambut dengan seledri. Daun seledri bisa ditumbuk serta beri sedikit air, ambil sarinya dan dioleskan sebelum keramas untuk mengembalikan kilau rambut hitam kamu.

4. Cegah Ketombe

Manfaat seledri untuk rambut.Manfaat seledri untuk rambut. Foto: iStock

Muncul ketombe di kulit kepala? Kamu bisa menyiasatinya dengan cara alami. Siapkan 10 batang seledri lalu potong kecil-kecil dan rebus hingga mendidih. Saring dan ambil air rebusannya. Campurkan dengan satu sendok air lemon dan aduk hingga tercampur rata.

Oleskan air rebusan pada rambut secara merata hingga basah sambil dipijat lembut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)