Mengenal Teknik Sosis Bakar, Bakar Foundation Agar Makeup Awet Seharian

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 23 Jan 2020 14:15 WIB
Tasya Farasya. Foto: Dok. Instagram @tasyafarasya
Jakarta -

Teknik membakar foundation atau dikenal dengan nama sosis bakar yang bisa membuat makeup awet seharian tengah jadi atensi di kalangan pecinta makeup. Seperti apa teknik itu? Adalah influencer Tasya Farasya yang membuat teknik membakar foundation menjadi viral. Tasya mengunggah konten di YouTube berjudul 'Foundation Dibakar tambah cantik?! Bahas dari sisi pabrik kosmetik dan MUA'. Dalam videonya tersebut Tasya menyebutkan bahwa teknik bakar foundation ini menurut warganet dipopulerkan oleh makeup artist dengan nama akun Instagram, @tifamakeupsyari. Pada profil di Instagram, Tifa pun menyebut dirinya sebagai Creator of Teknik SosisBakar.

Apa itu teknik makeup sosis bakar? Tifa Mauliddelia, makeup artist di balik akun @tifamakeupsyari mengatakan teknik sosis bakar adalah nama teknik makeup membakar foundation yang dilakukannya.

[Gambas:Youtube]


"Nama sosis bakar keluar waktu saya dipanggil sama event planner di Bali,Desember 2018. Saya pikir namanya apa yang bagus menamai teknik ini. Saya bakar foundie itu suka nggak mateng-mateng kayak bakar sosis. Dari situ inspirasi namanya," ucap Tifa yang dikenal sebagai makeup artist pengantin sejak 2010 itu saat berbincang dengan Wolipop, belum lama ini.

Tifa menemukan teknik membakar foundation setelah sering mendapatkan klien yang wajahnya berminyak atau terlalu licin atau mengelupas karena memakai krim dokter. Wanita yang kerap membuat workshop makeup itu juga menerima pertanyaan serupa dari murid-muridnya. Pada 2018, dia pun melakukan berbagai percobaan seperti mencampur dua jenis foundation hingga membakarnya. Dari sanalah kemudian dia menemukan bahwa membakar dua jenis foundation bisa membuat makeup lebih tahan lama. Teknik membakar foundation ini yang kemudian dinamakannya teknik sosis bakar.

"Kulit itu kan ada tiga lapisan, kalau lapisan kulit atas terkikis, itu makeup tidak akan bisa nempel kalau tidak memakai teknik sosis bakar. Teknik sosis bakar ini memang mulai dari primer dan penangannya beda-beda disesuaikan dengan jenis kulit," katanya.

Mengenal Teknik Sosis Bakar, Bakar Foundation Agar Makeup Awet SeharianHasil teknik bakar foundation oleh Tifamakeup Syari. Foto: instagram @tifamakeupsyari



Tifa menjelaskan dia tidak hanya membakar foundation. Tetapi juga menyiapkan berbagai macam foundation sesuai dengan jenis kulit wajah. Dan dalam membakar foundation pun ada tekniknya agar foundation bisa awet dan dapat disimpan di dalam kemasan.

"Kalau yang lain sekadar bakar saja. Kalau saya bakar foundie untuk setiap kasus. Jadi ada lima kasus: over oily, pengelupasan, perawatan mengelupas, perawatan licin dan untuk mengatasi smile line. Jadi terus bereksperimen. Saya yang sudah mencoba trial and error. Nggak berani langsung keluar. Karena saya juga mencoba sendiri di wajah sendiri dan wajah model. Begitu ke pengantin berhasil, saya baru berani untuk mengajar," jelasnya.

Berkat teknik makeup sosis bakarnya ini Tifa kerap menggelar workshop berbayar. Saat mengajarkan teknik sosis bakar kepada makeup artist pemula, dia menggunakan makeup drugstore. Sedangkan untuk makeup artist yang sudah memiliki pengalaman di atas lima tahun, dia memakai produk makeup high end. Murid-murid yang mengikuti workshopnya kini juga sudah bisa menjual foundation yang sudah dikreasikan tersebut.

Mengenal Teknik Sosis Bakar, Bakar Foundation Agar Makeup Awet SeharianHasil teknik bakar foundation oleh Tifamakeup Syari. Foto: instagram @tifamakeupsyari



"Foundation itu sudah dijual-jual ke Surabaya dan Yogja. Murid saya kalau mengajarkan tidak mengajarin cara bakarnya. Tapi foundation sudah jadi langsung dipakai, padahal itu foundation bakar-bakar. Mereka disimpan satu-dua bulan bisa tapi ada triknya agar bisa jadi matte. Kita ada tekniknya kalau dipakai bisa sama kondisinya seperti pertama setelah dibakar. Kalau wedding kita bakar depan klien itu repot," jelasnya.

Wanita yang berusia 33 tahun ini menuturkan jika ia lebih suka membakar foundation langsung saat hendak merias pengantin dengan membawa lilin dan sendok. Namun cara ini juga tergantung dari situasi dan kondisi.

"Tergantung kondisinya, kalau saya hanya berdua dengan pengantin, saya bakar di tempat tapi waktunya saya tarik lebih lama. Tapi kalau satu ruangan sama keluarga, saya lebih memilih untuk bakar dulu di rumah, jam 03.00 saya masukin ketempat sotflens baru berangkat dan aplikasikan ke wajah klien. Pernah saya membawa pemantik kompor, tiba-tiba mati dan gak bisa ada yang pegangin. Yang paling praktis memang pakai lilin," pungkasnya.

Mengenal Teknik Sosis Bakar, Bakar Foundation Agar Makeup Awet SeharianTasya Farasya menguji hasil makeup dengan teknik bakar foundation. Foto: Dok. Youtube Tasya Farasya


Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)