5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 27 Nov 2019 05:30 WIB
Ilustrasi wanita memakai masker. Foto: iStock Ilustrasi wanita memakai masker. Foto: iStock

Jakarta - Jerawat bisa bertambah parah jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk memaksimalkan perawatan kulit berjerawat, kamu bisa menambahkan penggunaan masker dalam rutinitas perawatan kulit.

Jika ingin perawatan berbahan alami, kamu bisa membuat masker sendiri yang memiliki kandungan untuk menenangkan dan meredakan jerawat. Seperti dikutip dari The Wellnest, ini lima masker berbahan alami yang bisa dicoba.


1. Masker Madu dan Kayu Manis
Madu memiliki kandungan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kayu manis dapat mencegah peradangan, sehingga keduanya sangat cocok dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat.

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Sebelum memakainya pastikan wajah telah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.
5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan JerawatFoto: iStock

2. Masker Lidah Buaya dan Almond
Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan seperempat cangkir yogurt, 3 sendok makan lidah buaya, 1 sendok makan bubuk almond, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Yogurt, minyak kelapa dan lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan dapat menenangkan kulit. Selain itu yogurt juga memiliki kandungan lactic acid yang dapat membantu proses pengelupasan kulit dan mengeringkan jerawat.

Sama seperti yogurt, almond juga membantu proses pengelupasan kulit. Semua kandungan ini dapat membantu menghilangkan jerawat dan membuat kulit tetap lembap. Pakai masker ini selama 15 hingga 20 menit, setelahnya bilas dengan handuk hangat.

3. Masker Stroberi dan Jeruk Nipis
Stroberi dan jeruk nipis dapat membantu membersihkan pori-pori. Buah strobersi memiliki kandungan anti peradangan, kaya akan vitamin C, dan antioksidan. Kandungan vitamin C dalam stroberi dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk membuat kulit lebih berkilau.

Sedangkan jeruk nipis memiliki kandungan citric acid yang dapat menghilangkan bakteri dan minyak berlebih. Cara membuat masker ini dengan mencampurkan 2 buah stroberi dan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Gunakan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.


5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan JerawatFoto: iStock

4. Masker Yogurt dan Stroberi
Yogurt memiliki kandungan lactic acid yang dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menenangkan sekaligus melembapkan kulit. Sedangkan stroberi kaya akan kandungan salicylic acid yang dapat membantu menghilangkan jerawat.

Cara membuat masker ini dengan mencampurkan 2 stroberi yang telah dihancurkan dengan 2 sendok teh yogurt. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.


5. Masker Baking Soda dan Madu
Baking soda memiliki fungsi antimikroba dan antijamur. Selain itu juga dapat menyerap kelebihan minyak dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Menggabungkan baking soda dengan minyak kelapa dan madu yang memiliki kemampuan melembabkan dan antimikroba dapat membuat wajah terhindar dari jerawat. Cara membuat masker ini dengan mencampurkan 1 sendok makan madu murni dengan 1 sendok teh baking soda serta 1 sendok teh minyak kelapa. Setelah tercampur dan menjadi pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelahnya bilas menggunakan air hangat.

Simak Video "Kata Mereka Soal Make Up Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)