Seputar Masker Komedo, Jenis hingga Cara Pemakaian

Rizky Wika Shintya Devi - wolipop Sabtu, 02 Nov 2019 09:28 WIB
Masker komedo. Foto: iStock Masker komedo. Foto: iStock

Jakarta - Apakah kamu pernah merasa kesal menghilangkan permasalahan komedo? Untuk membersihkan wajahmu dari serangan komedo, bisa menggunakan masker komedo yang ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Buat kamu yang akan menggunakan masker komedo, sebaiknya pahami dulu tentang masker komedo.



Berikut ini ulasan mengenai masker komedo yang dirangkum detikcom :

1. Jenis Produk Masker Komedo

Sebelum kamu menggunakan harus dipahami dulu jenis masker komedo apa yang akan digunakan. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kulitmu setelah memakai masker. Terdapat tiga jenis masker komedo yang beredar di pasaran.

Pertama, jenis strip yang langsung ditempelkan ke hidung untuk mengangkat komedo di bagian area hidung. Dengan memakai jenis strip, komedo akan terangkat lebih efektif. Kelebihan jenis ini ialah mudah untuk dipakai dan tidak perlu dibilas dengan air. Kekurangannya dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Sedangkan, jenis masker komedo selanjutnya ialah jenis clay. Jenis clay ini cocok untuk pengguna yang memiliki kulit sensitif. Tapi, jangan gunakan jenis masker ini di luar rumah karena harus dibersihkan dengan air.

Ketiga, jenis masker komedo peel off yang cara kerjanya seperti menggabungkan antara jenis clay dan strip. Dengan cara mengelupas masker dari kulit wajah setelah mengering sehingga komedo membandel akan terangkat.

2. Kandungan Bahan

Beberapa produk masker komedo memiliki bahan-bahan untuk menjaga kesehatan kulit setelah pembersihan komedo. Kandungan bahan tersebut seperti volcanic lava, ekstrak mint, hingga bamboo charcoal.

Untuk melembabkan kulit, kandungan bahan yang ada adalah gliserol, madu dan hylauronic acid. Kamu bisa menggunakan produk OBN Bamboo Charcoal Facial Tear Pull Nose Blackhead Mask, masker komedo Bioaqua, Glamglow, hingga Biotherm Purefect Skin 2 in 1.

Masker komedo.Masker komedo. Foto: iStock


3. Masker Komedo Alami

Selain memakai produk kenamaan, bisa juga menggunakan masker komedo berbahan alami di rumah. Berikut bahan-bahan alami untuk memerangi komedo :

-minyak kelapa

-baking soda

-kayu manis

-putih telur

-minyak esensial

-cuka sari apel

-lemon

-teh hijau

-campuran pasta gigi dan garam


4. Frekuensi Pemakaian Masker Komedo

Untuk membersihkan komedo membandel, perhatikan frekuensi pemakaian produk komedo ya. Normalnya, kulit akan beregenerasi pada jangka waktu tertentu sekitar 28 - 56 hari. Jadi disarankan untuk tidak menggunakan masker komedo dalam jangka waktu tersebut ya.


5. Cara Pakai Masker Komedo

Berikut ini cara mengaplikasikan masker komedo yang bagus dan benar :

-Pastikan sebelum kamu menerapkan masker di wajahmu, bersihkan dulu wajah menggunakan sabun cuci muka ya.

-Setelah itu barulah untuk mengaplikasikan masker komedo dan diamkan selama beberapa menit.

-Selanjutnya bersihkan atau lepas masker sesuai dengan jenisnya.

-Aplikasikan pelembab dan hydrating toner untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit dan menjaga kelembapan kulit sekaligus kenyal.




Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)