Tips Membersihkan Makeup dengan Benar Setelah Pakai Makeup Tebal

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 06 Jun 2019 11:16 WIB
Tips membersihkan makeup dengan benar setelah pakai makeup tebal. (Foto: Thinkstock) Tips membersihkan makeup dengan benar setelah pakai makeup tebal. (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Makeup sangat diandalkan wanita untuk meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Terlebih dalam momen-momen penting, seperti Hari Raya Idul Fitri yang biasanya menggunakan produk makeup lebih banyak dari biasanya.

Makeup dengan formula waterproof biasanya menjadi pilihan agar riasan tidak mudah pudar. Namun kekurangannya adalah sulit untuk membersihkannya. Ketika makeup tidak benar-benar terangkat di wajah, maka kulit bisa timbul jerawat. Untuk itu, perhatikan cara membersihkan makeup dengan tepat ketika memakai makeup tebal.

1. Area Mata

Jangan lupakan area mata saat membersihkan makeup. Jika memberikan area mata hanya menggunakan sabun wajah, maka hasilnya tidak akan maksimal. Sisa maskara dan eyeliner waterproof akan lebih bersih jika diawali dengan menggunakan makeup remover. Usapkan kapas yang sudah dibasahi makeup remover dan bersihkan secara perlahan dibagian mata 30 hingga 60 detik. Jangan terlalu keras menggosok di bagian mata, karena bisa menyebabkan sel-sel kulit mengendur.

2. Cleansing Oil

Ketika menggunakan full makeup atau makeup yang tebal, maka dibutuhkan double atau bahkan triple cleansing. Setelah menggunakan makeup remover di area mata, lanjut menggunakan cleansing oil. Produk cleansing oil berbasis minyak yang efektif meluruhkan makeup membandel seperti foundation, lipstik matte dan produk alis yang sangat pigmented.

3. Facial Foam

Setelah cleansing oil, bersihkan kembali menggunakan sabun wajah. Selain memastikan sisa makeup benar-benar bersih, sabun wajah akan mengangkat sisa minyak di wajah dari cleansing oil dan makeup remover.

4. Alat Pembersih Wajah Elektrik

Saat membersihkan wajah dengan facial foam, kamu bisa menggunakan alat pembersih wajah agar sisa makeup di pori-pori benar-benar terangkat. Namun penggunaan pembersih wajah elektrik ini tidak disarankan dipakai setiap hari.
(dtg/dtg)