Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen Lebaran

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 05 Jun 2019 11:31 WIB
Tips agar foundation tahan seharian untuk Lebaran (Foto: iStock) Tips agar foundation tahan seharian untuk Lebaran (Foto: iStock)

Jakarta - Dalam penampilan saat Lebaran, pemakaian makeup, terutama foundation yang tahan lama menjadi kuncinya. Beragam masalah sering kali muncul ketika menggunakan foundation. Di momen Lebaran ini tentunya, kamu tak ingin direpotkan dengan masalah foundation yang tak tahan lama.

Belum lagi jika sudah dipakai seharian, terkadang minyak dan keringat tidak terkontrol yang bisa memicu foundation jadi cakey dan patchy. Agar foundation-mu tetap terlihat bagus seharian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Persiapkan Kulit Sebaik Mungkin

Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen LebaranIlustrasi masker (Foto: dok. Thinkstock)
Sebelum makeup, pastikan kulit dalam kondisi yang baik. Jika kulit kasar karena komedo dan ada bagian-bagian kulit yang kering atau dry patches maka foundation tidak akan menempel dengan sempurna. Ada baiknya, kulit dipersiapkan dengan melakukan eksfoliasi sebelumnya, bisa melakukan scrub atau facial satu hari sebelumnya.

Sebelum makeup, pastikan cuci wajah dengan bersih. Setelah wajah bersih, makeup artist Lucy Halperin menyarankan untuk menggunakan masker wajah yang menghidrasi seperti sheet mask. "Kulit menjadi kenyal, lembap dan tampak lebih cerah," ucapnya, seperti dikutip Rider Digest.

Jika tipe kulit kering bisa ditambahkan dengan moisturizer. Namun jika kelembapan dirasa cukup, kulit bisa siap untuk langkah selanjutnya.

2. Primer
Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen LebaranIlustrasi primer (Foto: dok. Smith & Cult)
Makeup artist Jessica Mae menyarankan untuk menggunakan primer sebelum foundation. Fungsinya adalah untuk membuat foundation tetap berada di tempatnya dan meminimalisir pergeseran produk.

"Memakai primer sebelum foundation atau base lainnya (bb cream atau tinted moisturizer) akan menahan produk di atasnya," sarannya.

Kamu bisa memilih primer sesuai kebutuhan. Ada banyak tipe primer di antaranya untuk mengecilkan pori-pori, memudarkan garis halus, menahan minyak dan hydrating untuk kulit kering.



3. Brush atau Beauty Blender
Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen LebaranIlustrasi brush (Foto: Thinkstock)
Tahap selanjutnya adalah memakai foundation, tapi sangat disarankan untuk menggunakan brush atau beauty blender. "Menggunakan brush (atau beauty blender) akan membuat foundation lebih merata dan menjadi kunci tahan lama. Dengan alat makeup tersebut maka tidak akan ada kejadian makeup terlalu tebal di satu sisi atau terlalu tipis. Konsistensinya juga lebih baik karena minyak bercampur langsung dengan produk," ujar Jessica Mae.

Jika memulaskan foundation paka tangan, maka minyak di jari akan terkontaminasi dengan minyak di wajah. Hasil foundation bisa jadi tak rata dan cakey.

4. Pakai Bedak
Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen LebaranWanita memakai bedak (Foto: Thinkstock)
Tahan foundation menggunakan bedak. Jika tipe kulit berminyak bisa menggunakan dua produk bedak. Bedak tabur, kemudian kunci kembali dengan bedak padat sehingga hasilnya lebih halus dan tahan lama.



5. Setting Spray
Tips Foundation Tahan Seharian Saat Momen LebaranFoto: Thinkstock
Untuk tampilan foundation yang tahan lama, makeup artist Jessica Mae suka menggunakan setting spray berlapis. Setelah menggunakan foundation semprotkan setting spray. Produk tersebut disemprotkan kembali setelah pakai bedak. "Ini akan memberikan penghalang antara kulit dan produk," ujarnya. (dtg/dtg)