Mau Jadi Mahasiswa Universitas Gunadarma? Biar Aman Daftar Online Aja

Advertorial - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 00:00 WIB
adv gundar
Jakarta - Di tengah pandemi virus Covid-19, masyarakat Indonesia diminta pemerintah melakukan pembatasan fisik (physical distancing) untuk menghindari penularan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun telah menetapkan pembatan Ujian Nasional (UN) sekolah.

Setelah dinyatakan lulus, para siswa sekolah di taraf Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat menyongsong masa pendaftaran perguruan tinggi. Di tengah situasi darurat pandemi seperti sekarang ini, kehadiran akses pendaftaran online membantu mereka untuk mendaftar tanpa harus keluar rumah.

Universitas Gunadarma (UG) merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) secara online sejak beberapa tahun lalu. Melalui UG PMB Online Internet, siswa kelas 3 SMA sederajat dapat segera mendaftar tanpa harus menunggu pengumuman kelulusan sekolah dan tentunya tidak perlu datang ke kampus untuk mengambil formulir pendaftaran.

Pendaftaran secara online dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah. Pertama, mengisi form pendaftaran di https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2020/. Selepas itu, pendaftar akan menerima email berisi file yang mesti diunduh, serta username dan password untuk login sebagai pendaftar, berikut dengan petunjuk pembayaran formulir melalui virtual account transfer ke Bank Mandiri.

Sesudah membayar formulir, calon mahasiswa bisa login ke situs web pendaftaran untuk melengkapi data diri dan memasukkan nilai bidang studi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan enam mata pelajaran dengan nilai tertinggi dari rapor sekolah semester 4 dan 5 untuk proses seleksi. Di menu pendaftaran ini, pendaftar juga diminta mengunggah foto resmi sekolah dengan background berwarna, ukuran maksimal 1 MB. Pendaftar dapat memilih dua jurusan di Universitas Gunadarma.

Pihak Universitas Gunadarma akan menyeleksi berdasarkan nilai rapor yang dimasukkan saat pendaftaran. Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan melalui akun pendaftaran setelah ada pemberitahuan lewat email atau SMS. Jika pendaftar dinyatakan lolos, akan diinformasikan jurusan dan jenjang yang didapatkan, jumlah pembayaran uang kuliah beserta dengan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Nominal dan nomor rekening untuk pembayaran akan dikirimkan melalui blanko pembayaran yang dikirimkan ke alamat pendaftar. Calon mahasiswa pun harus melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun, jadwal pemeriksaan akan diberitahukan menyusul, sesuai dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pada tahapan terakhir, calon mahasiswa diminta mendaftar ulang. Informasi pendaftaran ulang diinformasikan melalui website atau email. Setelah menyelesaikan semua prosedur pendaftaran, pendaftar resmi menjadi mahasiswa baru di Universitas Gunadarma.

Selama menjalani physical distancing, kamu bisa mendaftar menjadi mahasiswa baru Universitas Gunadarma tanpa harus keluar rumah. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran secara online dapat dilihat di sini.

(adv/adv)