Tips Siapkan Dana Persalinan Ala Jouska Agar Finansial Stabil

Advertorial - wolipop Jumat, 23 Nov 2018 00:00 WIB
Foto: Shutterstock
Jakarta - Mempersiapkan dana persalinan merupakan salah satu langkah penting untuk membuat kondisi finansial rumah tangga tetap stabil. Sebab jika tidak dipersiapkan sejak dini, kondisi finansial akan terganggu saat digunakan untuk dana persalinan.

Untuk itu, persiapkan dana persalinan dengan baik dan benar untuk menjaga finansial rumah tangga. Co-Founder & Head of Adviser at Jouska Indonesia, Indah Hapsari Arifaty, menjelaskan beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mempersiapkan dana persalinan seperti berikut ini.

Persiapkan dari jauh hari

Mempersiapkan dana persalinan dari jauh hari merupakan langkah utama yang perlu dilakukan setiap pasangan. Indah menjelaskan bahwa pasangan bisa mulai mempersiapkan dana ini bahkan sejak awal menikah. Pasangan juga bisa menggunakan uang angpau yang diterima saat pesta pernikahan untuk keperluan jangka panjang, termasuk untuk biaya persalinan.

Menabung di rekening terpisah

Indah juga menyarankan untuk mulai membiasakan menyisihkan sebagian uang di rekening terpisah secara rutin sedikit demi sedikit untuk biaya persalinan. Sehingga dana persalinan pun tidak akan tercampur dengan biaya untuk keperluan rumah tangga yang lainnya.

Mekipun nantinya dana persalinan masih kurang hingga terpaksa harus meminjam, usahakan melakukan pinjaman tanpa bunga. Ia mencontohkan pasangan bisa mencoba meminjam kepada orang tua jika memang terpaksa.

"Berhutang bukannya nggak boleh, cuma selalu jaga porsinya. Jadi di dalam cashflow kita juga kita punya maksimal kita boleh berhutang itu berapa," jelas Indah.

Persiapkan dana tambahan

Selama masa kehamilan, pasangan juga akan membutuhkan biaya tambahan untuk berbagai keperluan lain. Misalnya untuk biaya periksa rutin kehamilan, USG, vitamin, makanan bergizi, susu kehamilan, biaya acara 7 bulanan si kecil, dan lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini, coba alokasikan anggaran bulanan minimal 20% dari gaji yang diterima.

Cek fasilitas kesehatan dari kantor

Selain menabung, Indah mengatakan pasangan bisa mengecek fasilitas kesehatan dari kantor. Jika dana persalinan di-cover tapi hanya 80%, pasangan masih harus menyiapkan 20% sisanya. Namun jika sudah di-cover 100%, dana yang selama ini disiapkan bisa ditabung untuk keperluan si kecil setelah lahir.

"Kalau mentok-mentok ngggak ada, kalau bekerja, tanya di kantor ada soft loan gak? Kadang kalau karyawan suka ada 0% atau misalnya bisa dicicilnya panjang," lanjut Indah.

Lakukan survey

Sejak awal kehamilan, pasangan bisa mulai melakukan survey untuk mengetahui perbandingan harga dan fasilitas di beberapa rumah sakit, klinik, atau bidan. Setelah itu, pasangan harus menyesuaikannya dengan kenyamanan dan kemampuan finansial.

Persiapkan dana persalinan termahal

Ada baiknya pasangan mempersiapkan dana persalinan termahal sebagai bentuk antisipasi jika nantinya harus mengeluarkan dana untuk operasi caesar. Sebab persalinan dengan operasi caesar biasanya membutuhkan dana 2-3 kali lipat lebih banyak dari persalinan normal.

Tips Siapkan Dana Persalinan Ala Jouska Agar Finansial StabilTalkshow Perencanaan Finansial Bersama Jouska. (Foto: dok. Lactamil)

Mau tahu lebih lanjut tentang bincang-bincang terkait tips mempersiapkan dana persalinan? Yuk simak video-nya langsung di sini.

Meski mempersiapkan dana persalinan merupakan hal yang cukup sulit, jangan sampai hal ini menggangu kesehatan istri selama masa kehamilan. Agar kesehatan istri tetap terjaga, pastikan untuk memperhatikan asupan nutrisi yang diperlukannya.

Untuk itu, calon ibu bisa mengonsumsi Lactamil secara rutin untuk agar kebutuhan asupan nutrisi dan gizi selama kehamilan tetap terpenuhi.

Di masa awal kehamilan, calon ibu bisa mulai mengonsumsi Lactamil Inisis sebagai tambahan asupan nutrisi dan gizi. Setelah beberapa bulan, calon ibu bisa mulai beralih ke Lactamil Pregnasis untuk menjaga kesehatannya juga kesehatan si kecil dalam kandungan.

Nah usai melahirkan, ibu bisa mulai mengonsumsi Lactamil Lactasis untuk memberikan ASI terbaik bagi si kecil. Pastikan juga untuk menjaga asupan gizi dan kondisi ibu selama masa menyusui ya!

Dapatkan informasi mengenai kebutuhan ibu sebelum dan setelah melahirkan dengan follow Instagram @lactamilmama dan Facebook Lactamil Mama. (adv/adv)