6 Cara Agar Berkendara dengan Motor Lebih Aman

Advertorial - wolipop Selasa, 18 Agu 2015 00:00 WIB
Jakarta -

Enggan menggunakan angkutan umum yang tidak nyaman, jadwalnya tidak menentu dan belum bisa menjangkau area tertentu membuat banyak wanita lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Salah satu jenis yang banyak dipilih adalah sepeda motor.

Banyak wanita memilihnya karena lebih irit bahan bakar dibanding mobil dan lebih dinamis. Banyak sekali terlihat pengendara wanita yang dengan lihai menerobos di antara padatnya mobil di jalan. Tapi sayang keberanian kebanyakan pengendara motor wanita tidak diimbangi dengan kesadaran akan keamanan berkendara. Agar cepat namun juga selamat sampai di tempat tujuan, ikuti cara-cara berkendara aman berikut:

1. Patuhi aturan lalu lintas

Aturan lalu lintas yang berlaku sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjaga agar setiap pengendara di jalan aman. Kerena itu jangan sekali-sekali menerobos lampu merah, melawan arus kendaraan, berputar balik di tempat yang dilarang atau parkir sembarangan. Aktifkan lampu sein jika ingin berbelok dan jangan memacu kendaraan dengan kecepatan terlalu tinggi. Berkendara ugal-ugalan tidak hanya membuat Anda celaka tapi juga merugikan orang lain.

2. Gunakan selalu helm

Helm adalah perlengkapan penting yang harus selalu digunakan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, helm dapat melindungi kepala yang merupakan bagian vital. Pilih helm full-face atau jenis shell dengan visor menutupi wajah sehingga lebih aman, tidak mudah terlepas.

3. Jangan gunakan smartphone atau mendengarkan musik

Menelepon, bermain game atau ber-Whatsapp ria menggunakan smartphone saat berkendara bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Selain rawan tindak kriminalitas, menggunakan smartphone saat berkendara dapat membuyarkan konsentrasi. Jangan juga menggunakan earphone untuk mendengarkan musik selama berkendara. Meski dapat menghalau bosan, penggunaan earphone membuat Anda tidak mendengar klakson atau peringatan bahaya dari pengendara lain.

4. Berpakaian stylish namun tidak "ribet"

Cukup dapat dimaklumi jika Anda tetap ingin terlihat cantik dan stylish meski mengendarai motor. Tetapi jangan memilih pakaian yang dapat merepotkan Anda sendiri ketika mengendarai motor. Dibandingkan menggunakan rok, lebih baik pakai celana dan jangan menggunakan sepatu dengan heels tinggi dan aksesoris berlebih. Selalu gunakan jaket atau outer agar kulit terlindung matahari. Tapi jangan yang menjuntai hingga kaki, karena rentan tersangkut di kendaraan lain atau di geligi roda Anda sendiri.

5. Jangan menyelempangkan tas ke belakang tubuh

Banyak wanita menyimpan tasnya di bawah kaki ketika berkendara dan jika menggunakan postman bag atau satchel bag seringkali diselempangkan ke belakang tubuh. Karena itu banyak wanita rawan menjadi korban penjambretan. Sebaiknya simpan tas di kompartemen yang terdapat di bawah jok atau sekalian gunakan tas ransel. Pilih saja yang warna dan bentuknya feminin.

6. Hindari daerah sepi dan kurang penerangan jalan di malam hari

Agar tidak menjadi korban kriminalitas seperti pembegalan atau perampasan kendaraan bermotor, sebaiknya Anda juga waspada dan berjaga-jaga. Apabila harus berkendara di malam hari, usahakan untuk selalu memilih ruas jalan yang ramai dan cukup penerangan. Waspada juga akan ranjau paku yang seringkali disebar oleh oknum tidak bertanggung jawab.



Untuk keamanan berkendara pilih juga sepeda motor yang memang dirancang untuk pengendara wanita seperti TVS Dazz DFI. Sepeda motor ini memiliki sejumlah fitur keamanan yang sangat mengerti wanita. Misalnya saja seperti ban tubeless yang memungkinkan pengendara wanita tetap aman. Meski ban terkena paku udara dapat tertahan keluar sehingga ban tidak kempes.

Selain itu ada tuas pengunci rem yang sangat bermanfaat ketika terjebak macet atau harus berhenti di tanjakan. Kendaraan akan tetap stabil dan minim kemungkinan merosot mundur. Selain itu, dilengkapi dengan kompartemen luas di bawah jok dan hook untuk menaruh tas atau belanjaan serta charging port untuk smartphone. TVS Dazz DFI juga dirancang dengan ringan, stylish dan irit bahan bakar sehingga pas untuk penggunaan sehari-hari.

(adv/adv)