Dalam produk perawatan tubuh, baik skincare maupun self-care, masing-masing memiliki fungsi, bahan, dan manfaat yang berbeda. Ada yang dirancang untuk membersihkan, melembapkan, hingga menutrisi kulit. Begitu juga dengan body oil dan body serum. Sekilas terlihat serupa, tetapi formula, tekstur, dan cara pemakaiannya sangat berbeda. Lalu, apa perbedaannya?
Body Serum
Body serum dirancang untuk memberikan hidrasi tanpa rasa lengket atau berminyak. Teksturnya ringan, cepat meresap, dan berbasis air.
"Serum biasanya merupakan pelembap ringan berbahan dasar air yang dirancang untuk menghidrasi dan mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, antioksidan, atau peptide," ujar Jennifer Gordon, dokter kulit bersertifikat di Westlake Dermatology, dikutip dari Byrdie.
Kandungan Body Serum:
Karena formulanya yang sangat ringan, body serum lebih cepat meresap dan memberikan hidrasi mendalam. Umumnya mengandung bahan aktif seperti hyaluronic acid, vitamin C, niacinamide, peptide, dan antioksidan.
Manfaat Body Serum:
Body serum ditujukan untuk menangani masalah kulit tertentu, seperti kulit kusam, tekstur kasar, hingga kerutan atau garis halus. Produk ini bekerja untuk memberikan hidrasi mendalam sekaligus menutrisi kulit secara spesifik.
Simak Video "Video: Skincare Routine Mikha Tambayong di Usia 30-an"
(eny/eny)